Hunian Berkonsep Rumah Hijau (Green/Eco House)

Hunian Berkonsep Rumah Hijau (Green/Eco House)

Mempunyai hunian yang nyaman dan sehat tentu menjadi impian banyak orang. Salah satu caranya adalah melalui penerapan konsep rumah hijau. Rumah hijau yang sering diketahui baik untuk kesehatan lingkungan, ternyata juga dapat menyehatkan sang penghuni rumah. Konsep dari rumah hijau ini sebenarnya bukan untuk hunian lalu ditanami tanaman hias. Akan tetapi, menitik beratkan pada unsur hemat energi serta memperbaiki kualitas hidup yang menghuni rumah.

Konsep Rumah Hijau

Rumah hijau atau hunian yang lekat dengan lingkungan sudah semakin berkembang, khususnya pada kurun waktu sepuluh tahun kini. Menurut Joseph Allen, seorang peneliti dari Harvard University menjelaskan bahwa konsep rumah hijau yang dibangun mengaitkan elemen – elemen esensial pada bangunan. Tujuannya adalah memberikan peningkatan kualitas udara serta air, penjagaan temperatur, meminimalisir tingkat polusi suara, dan pengoptimalan pencahayaan secara natural pada hunian.

Contoh kawasan hunian dengan konsep eco house, sumber unsplash @bartmynameisbart
Contoh kawasan hunian dengan konsep eco house, sumber unsplash @bartmynameisbart

Dalam penelituan lain tentang kesehatan lingkungan menyebutkan bahwa rumah hijau termasuk bangunan sehat dan memberikan banyak keuntungan bagi sang penghuni. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak dalam ulasan di bawah ini.

Rumah Hijau Sarana Pencegahan Kanker dan Alergi

Saat dinding mulai lapuk dan muncul jamur, maka kondisi ruangan saat itu cukup tinggi. Kemungkinan lainnya dapat juga disebabkan adanya bahan kimia yang terkandung dalam furnitur. Ketika udara di sekitar ruangan itu terhirup maka akan lebih berbahaya hingga dua kali lipat dibandingkan tanpa furnitur tersebut.

Apabila rumah tidak mempunyai sirkulasi udara yang cukup, akan menyebabkan udara beracun tidak mampu keluar dari dalam ruangan. Sehingga mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan penghuninya. Beberapa masalah kesehatan akan muncul seperti asma atau sesak napas dan kanker paru. Oleh karena itu, adanya konsep rumah hijau akan membantu dan mengoptimalkan sirkulasi udara melalui ventilasi atau jendela ruangan.

Sudut rumah dengan konsep hijau, sumber unsplash @taylorgsimpson
Sudut rumah dengan konsep hijau, sumber unsplash @taylorgsimpson

Di samping itu, bukaan yang optimal para rumah juga bisa mencegah bayi lahir dengan kondisi tekanan darah yang rendah serta diabetes karena kurangnya suplai oksigen. Pemberian bukaan yang baik tentu akan menjadikan sirkulasi udara berjalan dengan baik pula. Suhu udara dan kelembapan pun terjaga.

Rumah Hijau dapat Meningkatkan Fokus

Rumah hijau ternyata dapat meningkatkan fokus. Suatu penelitian telah membuktikan bahwa suhu optimal serta kelembapan di rumah hijau bisa meningkatkan fokus orang 5 persen. Ruang yang memiliki kelembapan serta temperatur tinggi karena banyaknya kandungan karbon dioksida maka akan menyebabkan orang menjadi mudah lelah.

Selain itu, akan ada risiko penyakit lain yang menyerang. Misalnya demam berdarah. Suhu sejuk yang dihadirkan dalam rumah hijau dapat menghambat jumlah perkembangan virus dan nyamuk berbahaya.

Tampak atas salah satu rumah dengan konsep hijau, sumber unsplash @v_pictures
Tampak atas salah satu rumah dengan konsep hijau, sumber unsplash @v_pictures

Rumah Hijau Meningkatkan Produktivitas

Konsep rumah hijau ternyata juga memiliki pencahayaan alami yang mampu meningkatkan produktivitas seseorang. Orang yang tinggal di dalamnya akan merasakan lebih optimis serta bahagia. Kenyamanan yang tercipta dalam rumah hijau juga dapat menstimulus daya pikir setiap orang. Selain itu, cahaya alami yang ditambah dengan penataan pencahayaan bagian dalam rumah yang tepat bisa menekan penggunaan energi berlebih.

Demikianlah konsep dari rumah hijau beserta keuntungannya. Akan sangat baik untuk diterapkan pada hunian impian Anda. Hal ini karena akan menyehatkan diri dan keluarga kita dan menciptakan suatu kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Cukup bijak bukan? Jadi, tunggu apa lagi untuk menerapkan konsep rumah hijau ini. Jangan biarkan lingkungan alam ini semakin cemar ya? Selamat mencoba, jika butuh konsultan interior Jogja bisa hubungi kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment