Tips Memanfaatkan Loteng Rumah Yang Terabaikan

Sebagian besar masyarakat memiliki loteng yang ada di bagian atas rumah, namun banyak diantara masyarakat yang membiarkannya tidak terurus. Namun ternyata, loteng rumah yang biasa dihuni oleh tikus dan serangga ini dapat dialih fungsikan menjadi ruangan yang bermanfaat. Anda bisa menemukan ide kreatif untuk memanfaatkan loteng rumah agar menjadi tambahan ruangan yang memiliki nilai artisitik.

Biasanya loteng juga dijadikan sebagai menyimpan barang-barang yang tidak dipakai. Arti lainnya adalah digunakan sebagai gudang. Namun akan tampak lebih bermanfaat jika loteng tersebut dapat digunakan sebagai ruangan yang lebih bermanfaat misalnya saja ruang bersantai, dan lain sebagainya.

Mendesain ulang sebuah loteng memang tidak mudah dan diperlukan sebuah keahlian tersendiri, namun bukan berarti tidak bisa. Maka dari itu anda membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang interior. Jogja Desain Interior dapat membantu mewujudkan impian anda terkait desain interior yang anda harapkan.

Kembali lagi ke masalah loteng, jika loteng terabaikan dapat menimbulkan berbagai masalah, misalnya saja dapat bermasalah bagi kesehatan. Mengapa demikian? Biasanya loteng yang dibiarkan tidak terurus akan menjadikannya sebagai sarang tikus. Tikus-tikus tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda.

Tips memanfaatkan loteng rumah, Sumber : North State
Tips memanfaatkan loteng rumah, Sumber : North State

Tips Merubah Loteng Rumah Menjadi Bermanfaat

Di bawah ini ada beberapa referensi yang bisa anda pilih untuk memanfaatkan loteng rumah menjadi ruangan yang lebih bermanfaat. Dengan mengalih fungsikan loteng agar lebih bermanfaat, keluarga anda juga akan terhindar dari tikus-tikus yang mengancam kesehatan.

1. Tempat Bermain Anak

Tempat bermain anak dapat anda jadikan referensi untuk mengubah loteng yang memiliki kesan menyeramkan menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak anda. Loteng identik dengan tempat yang gelap dan sering membuat takut anak-anak, bahkan orang dewasapun dibuat takut dengan kesan dari loteng tersebut. Namun ternyata anda dapat merubah kesan menyeramkan tersebut menjadi tempat bermain yang mengasyikkan.

Jika anda ingin merubah loteng menjadi tempat bermain anak, maka pastikan anda membuatnya dengan tingkat keamanan yang maksimal. Anak-anak biasanya sangat penasaran dengan segala hal, maka dari itu buatlah tempat ini seaman dan senyaman mungkin untuk bermain. Pastikan anda menjauhkan anak-anak dari stop kontak yang dapat membahayakan ketika bermain.

Tempat bermain di loteng, Sumber : Dwell
Tempat bermain di loteng, Sumber : Dwell

2. Walk in Closet

Loteng rumah juga dapat anda jadikan ruangan penyimpanan untuk segala aksesoris, misalnya saja seperti pakaian, sepatu, dasi, perhiasan, dan lain sebagainya. Biasanya tempat penyimpanan ini disebut sebagai walk in closet. Jika anda memiliki rumah yang tidak terlalu luas, namun memiliki loteng maka anda bisa memanfaatkan untuk dijadikan walk in closet ini.

Biasanya beberapa orang bingung ingin menaruh rak sepatu dimana, lalu lemari pakaian yang terlalu besar dimana, dan masih banyak lagi kebingungan yang melanda jika memiliki rumah yang tidak luas. Tetapi akan lebih terbantu jika anda memiliki tambahan ruangan yang tidak terduga di atap rumah, loteng ini akan sangat berfungsi.

Tempat penyimpanan sepatu di loteng, Sumber : Pinterest
Tempat penyimpanan sepatu di loteng, Sumber : Pinterest

3. Kamar Tidur

Ruangan yang bisa anda jadikan pilihan untuk memanfaatkan loteng rumah ialah menjadikannya sebagai kamar tidur. Jika anda membuat kamar tidur di loteng, anda dapat menambahkan jendela pada bagian atapnya. Hal tersebut dimaksudkan pada saat malam tiba anda dapat melihat serta menikmati pemandangan dari bulan dan bintang yang bertaburan di langit. Akan tambah seru dan sangat mengasyikkan, tidur ditemani dengan pemandangan indah seperti itu.

Mirip dengan kamar yang lainnya, anda juga dapat menentukan desain interior untuk kamar tidur yang anda inginkan untuk mempercantiknya. Tambahkan beberapa hiasan di kamar tersebut agar semakin tampak indah dan estetik. Anda juga bisa menambahkan berbagai hiasan lampu tidur, misalnya saja lampu tumblr.

Kamar tidur di loteng, Sumber : ceilica.es
Kamar tidur di loteng, Sumber : ceilica.es

4. Ruang Membaca

Memiliki ruang baca pribadi merupakan impian sebagian orang, mengoleksi buku yang tertata rapi di rak-rak yang sudah disiapkan akan tambah menyenangkan. Selain itu ruang baca dilengkapi dengan sofa yang cantik sebagai tempat duduk semakin membuat orang-orang menyukainya. Namun jika anda tidak memiliki cukup ruang untuk membuat tempat khusus untuk membaca, maka anda bisa memanfaatkan loteng rumah menjadi ruang baca pribadi.

Anda dapat mendesain loteng menjadi ruang baca sesuai dengan harapan anda. Anda dapat menambahkan sofa, meja, serta rak buku yang minimalis untuk menyimpan koleksi buku yang anda impikan selama ini.

Ruang baca di loteng, Sumber : archify.com
Ruang baca di loteng, Sumber : archify.com

5. Ruang Keluarga

Loteng rumah juga dapat anda alih fungsikan menjadi ruang keluarga. Ruang keluarga merupakan salah satu ruang privasi yang anda dan keluarga anda gunakan untuk bersantai setelah melakukan aktivitas selama seharian. Anda dapat melepaskan penat di ruang keluarga ini, untuk mengobrol bersama keluarga. Anda juga dapat menambahkan beberapa furniture seperti sofa, tv, bahkan hammock atau tempat tidur gantung di ruangan ini.

Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga tersayang di ruangan ini, anda juga dapat sekedar tidur siang pada hammock yang telah anda siapkan. Dikarenakan letak loteng berada di bagian atas rumah, maka anda dapat meminimalisir segala gangguan misalnya saja suara bising. Ruangan ini dapat menjadi opsi untuk bersantai bersama keluarga tanpa diganggu oleh orang lain.

Ruang keluarga di loteng rumah, Sumber : idea.grid.id
Ruang keluarga di loteng rumah, Sumber : idea.grid.id

6. Ruang Kerja

Sama halnya dengan ruang baca, memiliki ruang kerja di rumah menjadikan salah satu impian dari masyarakat. Ketika harus menyelesaikan deadline yang belum sempat dikerjakan di kantor, anda dapat menyelesaikannya di rumah. Dengan adanya ruang kerja, anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tenang tanpa ada gangguan dari orang lain.

Anda dapat dengan tenang melanjutkan berbagai pekerjaan anda di ruang kerja yang ada di loteng tersebut. Anda dapat menambahkan perabot lainnya seperti meja, kursi, serta laptop maupun komputer. Tambahkan pula rak untuk meletakkan dokumen maupun berkas-berkas kantor yang anda perlukan, agar anda dapat mudah menemukannya ketika dibutuhkan.

Ruang kerja di loteng, Sumber : malkelapagading.com
Ruang kerja di loteng, Sumber : malkelapagading.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips memanfaatkan loteng rumah menjadi ruangan yang lebih bermanfaat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips memilih berbagai furniture kayu atau informasi lainnya yang dapat anda temukan di laman website Jogja Desain Interior.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior