5 Jenis Ubin Pilihan Untuk Interior Rumah Anda

Lantai adalah bagian dari rumah yang harus mendapatkan perhatian khusus saat membangun rumah atau bangunan lainnya. Selain memikirkan kekuatan dan daya tahan pemilihan ubin untuk lantai juga perlu memperhatikan nilai estetika yang akan di dapatkan. Jenis ubin pilihan yang sesuai dengan desain rumah dalam pemilihannya perlu di perhatikan dan tidak boleh sembarangan.

Jenis Ubin Pilihan Anda

Dibawah ini akan dj ulas mengenai jenis ubin pilihan yang umum digunakan pada rumah hunian.

Jenis Ubin Pilihan
Lantai marmer. Sumber Pinterest

1. Keramik

Jenis ubin ini paling populer di pakai di rumah hunian atau bangunn publik lainnya di indonesia. Dengan karakter yang tidak meneruskan panas, jenis ubin ini akan terasa sejuk jika di pakai. Selain itu penggunaan jenis ubin ini akan bertahan lama jika pengaplikasiannya benar. Jika pemasangan tidak benar, maka ubin akan mudah pecah karena terinjak.

Ada banyak varian ukuran dari ubin keramik ini. Anda juga bisa menentukan varian warna pilihn anda. Di berbagai toko bangunan, banyak di temukan berbagai macam varian ubin sehingga mudah sekali didapatkan. Biasanya antara ubin kamar mandi dan ubin ruangan uatama di rumah seperti ruang tamu, atau ruang keluarga akan berbeda teksturnya. Untuk kamar mandi biasanya tidak menggunakan ubin keramik yang halus.

2. Marmer

Jenis ubin pilihan kalngan menengah ke atas ini merupakan ubin lantai yang berasal dari bongkahan batu pualam. Harga ubin ini cukp mahal namun kualitasnya juga terbaik, sehingga akan memberikan kesan yang mewah pada ruangan yang menggunakan jenis ubin ini. Terkenal dengan keawetannya membuat ubin ini sering digunakan sebagai pelapis dinding pada rumah.

Karakteristik warna yang natural, mengkilap dan dapat menyerap cairan dengan cepat membuat ubin marmer menjadi idaman banyak orang. Kelebihan lantai dengan ubin marmer adalah mudah dalam perawatannya. Selain memiliki kekuatan almi, ubin ini juga memiliki banyak corak varian yang bisa dipilih sehingga penggunaan ubin marmer bisa di bagian rumah mana saja.

Meskipun jenis ubin ini merupakan ubin terbaik, namun ada juga kekurangan yang dimiliki oleh ubin jenis ini. Selain karena harganya yang mahal, jenis ubin ini memiliki kelemahan yakni pemasangannya yang rumit, membutuhkan ketelitian yang tinggi. Sehingga tidak semua tukang bangunan mampu untuk memasang ubin jenis ini. Sekali rusak dalam pemasangan ubin harus diganti.

3. Granit

Ubin granit sekilas hampir sama dengan ubin marmer. Kelebihan dari ubin ini memiliki permukaan luar yang mengkilap seperti kaca. Selain itu granit juga dapat menopang beban berat. Ubin ini terlihat mewah dan sangat kuat. Granit juga dikenal sebagai ubin yang tahan goresan. Karena memiliki pori-pori, lantai granit mampu menyerap hawa dingin dari udara apapun, sehingga kaki akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

Untuk harga, jenis ubin pilihan ini memiliki harga di bawah harga ubin marmer namun masih lebih mahal daripada keramik. Karena itu jika anda ingin membangun rumah dengan lantai granit, siapkan dana yang cukup besar. Untuk pemasangan ubin granit hanya memerlukan nat selebar 1mm lebarnya. Hal ini dikarenakan semua ubin granit adalah cutting size, ukurannya bisa dikatakan sangat presisi.

Granit memiliki dua jenis. Jenis pertama yaitu granit tile generasi awal yang memiliki sifat tidak tahan terhadap noda karena memilikipori-pori yang cukup besar. Sedangkan granit generasi kedua atau ketiga diproses melalui crystalisasi sehingga sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah tertutup. Harga granit generasi pertama tentu saja lebih murah daripada granit generasi kedua atau ketiga.

4. Tegel

Tegel merupakan jenis ubin generasi awal. Tegel diproduksi menggunakan campuran dari pasir beton, semen dan aci pada bagian atasnya. Sehingga ubin tegel memiliki bobot yang cukup berat membuatnya harus memerlukan cukup ketelitian saat memasangnya Pada masa lalu rumah pada umumnya menggunakan ubin tegel ketika keramik belum sepopuller sekarang.

Saat ini produk ubin ini sudah mulai di tinggalkan. Namun masih ada sebagian orang yang menggunakan tegel untuk dipasng pada bagian tertentu rumah hunian. Ubin berjenis tegel memiliki berbagai motif klasik yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.. Namun meskipun memiliki harga yang cukup murah, ubin jenis ini dapat tergolong awet dengan perawatan yang cukup sederhana.

5. Batu Alam

Ubin berjenis batu sangat cocok untuk diaplikasikan di bagian teras dan kamar mandi karena kakarakteristik permukaan yang kasar sehingga tidak licin. Perawatan dari ubin batu sangatlah minim dan memiliki kekuatan yang sangat prima sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak seperti ubin jenis tegel yang terlihat ketinggalan jaman, penggunaan lantai berupa ubin batu alam tidak akan lekang oleh jaman dan sesuai di aplikasilan pada rumah dengan konsep apapun. Bahkan bisa di aplikasikan di dapur untuk mempercantik desain interior dapur.

Jenis Ubin Pilihan
Penggunaan granit pada lantai sehingga terlihat mewah. Sumber aaronbodell.inf

Kelebihan ubin batu alam selain memiliki kekuatan yang baik dan mudah dalam perawatannya adalah ubin batu alam ini memiliki kemampuan untuk menetralisir suhu ruangan sehingga suhu ruangan akan dingin. Corak antara batu alam satu dan lainnya tidak akan identik, sehingga akan mnciotakan kesan yang unik.

Itulah ulasan mengenai jenis ubin pilihan yang dapat mempercantik interior rumah anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda berencana membangun rumah dan bingung untuk menentukan konsep desain interiornya, anda bisa menghibingi jasa desain interior Jogja yang berpengalaman dalam pembuatan interior rumah hunian dan bangunan lainnya. Terima kasih.

Leave a Comment