Konsep Interior Rumah Menggunakan Tanaman yang Menarik

Apakah Anda memiliki konsep tertentu untuk keindahan lingkungan dalam rumah Anda? Jika masih mencari konsep yang cocok, Anda bisa mencoba konsep penghijauan dalam rumah. Penghijauan dalam rumah ini tidak harus selalu taman seperti taman indoor, namun juga bisa berbentuk interior tanaman.

Interior rumah yang memiliki konsep penghijauan biasanya menggunakan komponen seperti tanaman dan yang sejenisnya. Terdapat berbagai jenis tanaman yang indah namun cocok untuk dijadikan interior ruangan rumah atau bahkan gedung. Sebelum melihat berbagai konsep interior ruang hijau untuk rumah, berikut ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari interior.

Pengertian Interior

Interior biasa dikaitkan dengan bagian dalam. Bisa jadi bagian dalam suatu bangunan atau bagian dalam berbagai benda lainnya. Sehingga kita mengenal istilah interior dapur, interior mobil, interior rumah dan lain-lain.

Interior rumah adalah berbagai komponen dan aspek yang terdapat di dalam bangunan rumah. Komponen dan aspek ini saling berhubungan satu sama lain membentuk lingkungan dalam. Dalam desain interior rumah terdapat tiga hal yang tidak terlepas dari hal terseut serta dijadikan sebagai acuannya, yaitu ruang, alat dan manusia (user).

Untuk memahami pengertian interior diperlukan penguasaan sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia di dalam ruang sebagai makhluk individual maupun sosial. Pengetahuan yang dimaksud meliputi: sejarah desain, psikologi, sosiologi, ergonomi, konstruksi bangunan, fisika teknik, metodologi dan estetika.

Terdapat tujuh prinsip dasar yang tercangkup dalam interior design, di antaranya adalah sebagai berikut:

Ruang Santai Dengan Interior Tanaman, sumber : line today
Ruang Santai Dengan Interior Tanaman, sumber : line today

1. Unity and Harmony

Unity dan harmony memiliki arti dalam sebuah ruangan dianggap sebagai suatu kesatuan dimana segala elemen dapat saling melengkapi dan saling menyatu satu dengan yang lainnya sehingga dalam pengadaan desain interior akan tercipta komposisi yang seimbang.

2. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan maksudnya adalah kecocok antara satu komponen dengan komponen lainnya sehingga menjadi lingkungan yang setara satu sama lain. Dalam desain interior, komponen yang ada bukan hanya satu. Namun biasanya terdiri dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan dalam lingkungan. Maka, perlu ada keseimbangan sehingga semua menjadi serasi atau saling melengkapi.

3. Vocal Point

Maksud dari Vocal Point adalah aksen yang dijadikan sebagai daya tarik ruangan. Bisa satu atau lebih. Misalnya vocal point pada ruangan adalah jendela besar yang ada di ruangan, perapian atau bisa juga lukisan. Warna juga detail serta bentuk tertentu yang diberikan dapat dijadikan sebagai vocal point.

4. Ritme

Ritme dalam sebuah desain interior dapat diartikan sebagai semua pola pengulangan tentang visual. Ritme didefinisikan sebagai kontinuitas atau pergerakan terorganisir.

5. Detail

Pada desain interior, detail mencangkup segala hal yang berkaitan dengan kelengkapan yang ada pada ruangan. Mulai dari furniture utama, furniture tambahan, hingga furniture artivasial. Detail-detail tersebut juga berpengaruh besar terhadap suasana ruang yang tercipta.

6. Skala dan Proporsi

Skala dan proporsi merupakan kedua prinsip desain yang berjalan beriringan, karena keduanya berhubungan dengan ukuran dan bentuk. Skala dan proporsi disini berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan civitas yang berada di dalam ruangan.

7. Warna

Warna pada desain interior sangat berpengaruh terhadap mood dan suasana ruang. Warna-warna yang soft akan cenderung menciptakan suasana ruang yang menenangkan, sedangkan warna-warna cerah akan memberikan suasana ruang yang menyegarkan.

Ide Interior dengan Tanaman

Dengan memperhatikan prinsip dasar interior di atas, kita sudah mengerti bagaimana cara untuk membuat interior tanaman yang bagus. Salah satu yang bisa dijadikan vocal point pada sebuah ruangan adalah penghijauan. Maksudnya adalah mendesain lingkungan dalam ruangan dengan berbagai interior tanaman hidup. Berikut beberapa ide yang bisa Anda coba.

Vertikal Garden Untuk Ruang Baca, sumber : Tribun Batam - Tribunnews.com
Vertikal Garden Untuk Ruang Baca, sumber : Tribun Batam – Tribunnews.com

1. Pot Gantung Pada Teras atau Balkon

Jika tidak terdapat dinding atau tidak ingin membuat tambahan pada dinding (dengan dudukan), Anda bisa membuat pot gantung sebagai interior pada teras atau balkon rumah. Buatlah gantungan yang berderet ke samping yang digantungkan pada atap balkon. Tidak perlu sampai ke bawah sehingga tetap menyisakan ruang untuk melintas dari luar masuk ke dalam rumah.

2. Lukisan Dinding Hidup

Terdapat kreasi dinding hidup yang menyerupai lukisan. Sehingga, apabila biasanya dinding rumah atau gedung dihiasi dengan lukisan kali ini dihiasi dengan tanaman. Sehingga yang membatasi susunan tanaman adalah ornamen semacam bingkai. Maka taman akan terlihat seperti lukisan.

3. Dinding Hidup dengan Pot

Membuat dinding hidup menggunakan pot memang cara yang paling disukai. Karena pot dapat dipindahkan sewaktu-waktu dan diganti. Pada dinding dibuat semacam dudukan seukuran pot yang berderet dan bisa beberapa dari bawah ke atas sesuai selera Anda. Susun pot pada dudukan sehingga tumbuhan menjadi penghias dinding Anda.

4. Dapur Hijau

Salah satu ide interior dapur adalah menanam berbagai tanaman bumbu dapur dan sayuran pada dapar menggunakan pot kecil atau hidroponik. Jika tidak terdapat ruang untuk meletakkan pot, maka Anda bisa buat pada dinding dapur.

Tentu saja masih terdapat banyak konsep atau ide interior rumah lainnya yang menggunakan tanaman. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Jika Anda membutuhkan jasa membuat taman di Jogja, silahkan kunjungi jasa taman Jogja.

Leave a Comment