Apa Kayu Baik Untuk Pembuatan Kotak Obat? Ini Kelebihannya

Simpan di tempat sejuk dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Itulah slogan yang sering tertera pada kemasan obat-obatan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, salah satu alasan yang paling penting adalah untuk menjaga kualitas obat agar tetap efektif saat digunakan.

Obat-obatan memang tidak bisa diperlakukan sembarangan. Perlu perlakuan khusus agar kualitas dari sebuah obat tetap baik. Dengan demikian obat sebaiknya ditempatkan pada tempat tertentu. Semakin baik tempat penyimpanan semakin baik kualitasnya terjaga.

Masa kini ada sangat banyak material yang bisa digunakan sebagai media penyimpanan obat-obatan. Material yang digunakan pun tentunya akan mempengaruhi kualitas dari obat yang disimpan. Semakin baik material, semakin terjaga kualitas sebuah obat saat disimpan di tempat itu.

Obat perlu tempat tertentu untuk penyimpanan, sumber : pixabay.com

Material Untuk Kotak Obat

Baik obat-obatan kimia maupun obat herba seperti british propolis asli memerlukan tempat penyimpanan untuk menjaga kualitasnya. Dan berikut beberapa material yang biasa digunakan sebagai kotak penyimpanan obat :

1. Kaca

Kaca seringkali digunakan sebagai material pilihan untuk membuat kotak penyimpanan obat. Terlebih obat-obatan yang disimpan adalah untuk keperluan bisnis atau dijual kembali. Dengan material kaca maka akan memudahkan para konsumen ketika memilih obat yang mereka cari. Dengan kaca pula akan mempercantik display obat-obatan yang dijajakan.

Namun kotak obat bermaterial kaca tidak bisa diletakkan diluar ruangan. Kaca yang bisa tertembus sinar matahari membuat obat-obatan yang ada di dalamnya akan rusak dan kehilangan fungsinya. Maka kotak obat yang terbuat dari material kaca baiknya ditempatkan di dalam ruangan dengan suhu yang tidak begitu panas.

2. Alumunium

Bahan yang satu ini digunakan untuk membuat berbagai macam alat dan benda. Kemudahan saat dibentuk dan material yang ringan menjadikan bahan yang satu ini begitu banyak peminat. Bukan hanya untuk pembuatan kotak obat, bahkan bahan ini juga dipilih para pemilik merk hardware furniture dalam membuat produk mereka.

Alumunium sering dipilih untuk membuat berbagai barang, sumber : pixabay.com

Namun sebagaimana kotak obat yang berbahan kaca, kotak obat yang berbahan alumunium pun juga sebaiknya disimpan di dalam ruangan dengan suhu sedang. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kualitas sebuah obat.

3. Kulit Hewan

Bahan yang satu ini sebenarnya adalah bahan pelapis yang baik. Namun beberapa orang menggunakannya sebagai kotak penyimpanan obat portable. Yang bisa dibawa kemanapun sesuai kebutuhan pengguna. Bahan yang satu ini terhitung aman karena aman dari sinar matahari, terlebih jika sering dibersihkan dengan cairan pembersih bahan kulit maka akan semakin awet dan terlihat cantik saat dibawa.

4. Kayu

Bahan yang satu ini juga sering dijadikan sebagai material pembuatan kotak obat. Kayu memang menjadi pilihan banyak orang karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan material lain. Apalagi kotak obat yang biasa dimiliki oleh keluarga di rumah, kotak obat kayu banyak terpasang di sudut-sudut rumah.

Walaupun demikian kotak obat yang dibuat dari material kayu juga bisa dibuat berbentuk portable. Kotak obat yang bisa dibawa kemanapun. Biasanya keluarga membawa kotak obat yang satu ini dengan kendaraan mereka seperti mobil.

Kayu adalah material yang baik untuk kotak obat, sumber : pixabay.com

Kelebihan Material Kayu

Kayu memang material yang bagus dalam membuat sebuah karya. Bahkan selain kotak obat banyak furniture kayu yang dihasilkan dari material ramah lingkungan satu ini. Berikut beberapa kelebihan kayu untuk kotak obat :

1. Mudah Dibentuk

Hal yang cukup populer adalah mudahnya kayu dibentuk menjadi sebuah karya. Dengan kemudahan tersebut kotak obat yang akan dibuat dapat diekspresikan sedemikian rupa, sesuai keinginan dan kebutuhan.

Apalagi jika menginginkan kotak obat tersebut sesuai dengan furniture yang dimiliki dirumah. Keserasian antara kotak obat dengan furniture yang dimiliki akan meningkatkan sisi artistik interior rumah yang dimiliki.

2. Mudah Didapatkan

Selain mudah dibentuk kayu juga material yang begitu mudah untuk didapatkan. Hampir di semua tempat ada pepohonan yang menghasilkan kayu. Terlebih daerah tropis eperti Indonesia, kayu begitu mudah didapatkan baik dari yang biasa saja hingga yang berkualitas.

Namun bagi anda yang berkeinginan mendapatkan kualitas terbaik tentunya kayu yang digunakan pun bukanlah yang biasa saja. Ada banyak kayu berkualitas baik seperti kayu jati, kayu ulin, kayu bengkire dan lain sebagainya. Pemilihan kayu yang berkualitas selain untuk menjaga obat yang disimpan juga akan lebih awet dalam pemakaian.

Kayu adalah material yang mudah didapat, sumber : pixabay.com

3. Fungsi Yang Maksimal

Kelebihan kotak obat berbahan kayu lainnya adalah memiliki fungsi yang lebih maksimal untuk penjagaan kualitas obat yang disimpan. Baik obat kimia ataupun herba akan sama saja jika disimpan di tempat ini. Salah satu faktor pendukungnya adalah material berbahan kayu mampu menahan panas matahari. Selain itu sinar matahari tidak mampu masuk secara langsung, atau menembus kayu.

4. Mudah Dipasang

Kotak obat berbahan kayu juga mudah ketika ingin dipasang pada sudut yang diinginkan. Selain ringan kotak berbahan kayu juga memiliki tekstur yang empuk sehingga mudah dipasang pada material lainnya. Berbeda dengan yang berbahan besi, besi memiliki tekstur yang keras sehingga perlu perlakuan tertentu untuk memasangnya.

Itulah beberapa kelebihan dari kayu ketika ingin dijadikan sebagai kotak obat. Selain kelebihan-kelebihan di atas yang paling penting adalah bahan kayu terkenal dengan bahan yang ramah lingkungan sehingga ketika sudah tidak digunakan lagi mudah membuangnya.

Kayu mudah terurai dan tidak membahayakan bagi kelangsungan alam. Bahkan kayu ketika kayu terurai akan bermanfaat bagi hayati lainnya seperti cacing ataupun tanaman yang lain. Apakah anda telah menggunakan kayu untuk kotak obat anda?

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior