Ingin Dapurmu Tampil Menarik? Kenali Bahan Pembuat Kitchen Set Berikut Ini

Memiliki dapur dengan tampilan menarik menjadi keinginan setiap orang. Tampilan dapur yang menarik secara tidak langsung akan memberikan kesan tersendiri bagi seseorang yang melihatnya. Kesan tersebut mampu mempengaruhi psikologi, suasana hati, emosi, dan kesehatan seseorang sehingga mampu membuat seseorang menjadi lebih betah saat di dapur.

Dalam membuat dapur dengan tampilan menarik, tidak hanya warna kitchen set yang Anda perhatikan, namun bahan yang digunakan juga penting untuk diperhatikan. Dengan mengetahui bahan yang digunakan dalam pembuatan kitchen set, Anda akan lebih mudah menentukan warna apa yang cocok untuk kitchen set Anda. Berikut Kami berikan ulasan mengenai bahan yang digunakan untuk pembuatan kitchen set, manfaat kitchen set, dan definisi kitchen set.

Apa itu Kitchen Set?

Kitchen set dalam bahasa Indonesia adalah paket lengkap dapur. Sedangkan menurut istilah sebagai gambaran dari sebuah dapur modern. Bisa dikatakan bahwa kitchen set adalah sebuah paket lengkap untuk menyebut rangkaian sistem dapur.

Kitchen Set, Sumber: Unplash/@sidekix

Apa Manfaat Kitchen Set?

Pembuatan kitchen set memiliki beberapa manfaat untuk dapur Anda, diantaranya:

  1. Memperindah tampilan ruangan dapur.
  2. Memudahkan menyimpan perabotan dapur.
  3. Memudahkan penyimpan makanan dan minuman.
  4. Memudahkan penyimpan bumbu dapur.
  5. Membuat dapur kelihatan lebih rapi dan elegan.

Mengenal Bahan Kitchen Set

Setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan kitchen set memiliki karakteristik serta kelebihannya dan kekurangannya masing-masing, meliputi:

1. Bahan dari Aluminium (Stainless Steel)

Bahan stainless steel (aluminium) sudah sering digunakan untuk pembuatan kitchen set. Penggunaan stainless steel sebagai bahan untuk kitchen set, bukan tanpa sebab? Namun bahan yang satu ini cukup kuat dan tahan lama. Harganya pun tentu terbilang cukup mahal dibandingkan bahan kitchen set lainnya. Penggunaan stainless steel bisa Anda gunakan untuk seluruh bagian kitchen set atau sebagian.

Kelebihan Bahan Aluminium

  1. Memiliki tampilan yang unik.
  2. Memiliki kemampuan yang kokoh, tahan karat, dan tahan noda.
  3. Tidak mudah terpengaruh oleh panas yang bersumber dari api dan kelembaban yang bersumber dari air.
  4. Mudah digosok dan dibersihkan ketika ada kotoran dari bumbu makanan dan penggorengan yang menempel.

Kekurangan Bahan Aluminium

  1. Tidak banyak pilihan warna.
  2. Perlu memoles ulang ketika lapisan mengkilap mengoksidasi atau berkarat.
  3. Noda dari bekas oli dan sidik jari akan terlihat cukup jelas pada permukaan yang terkena.

2. Bahan dari Kayu Solid

Kayu Solid termasuk bahan untuk pembuatan kitchen set yang sering digunakan. Selain untuk pembuat kitchen set, kayu solid juga menjadi pilihan jasa pembuatan gazebo untuk pembuatan gazebo dan berbagai furniture lainnya. Penggunaan kayu solid bukan tanpa sebab? Namun, karena kayu solid adalah jenis kayu yang tahan lama, bahkan Kayu solid dapat bertahan hingga lebih dari 15 tahun tergantung dari kondisi cuaca dan cara perawatannya. Jenis kayu yang termasuk dalam kayu solid yang digunakan sebagai bahan untuk kitchen set antara meliputi kayu jati, kayu melia, kayu rosewood India, dan kayu mindi. 

Kitchen Set, Sumber: Unplash/@runejohs

Kelebihan Bahan Kayu Solid

  1. Memiliki warna, serat, dan tekstur yang unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri pada kayu solid.
  2. Mudah dibuat menjadi bentuk kitchen set dengan gaya desain tradisional dan kontemporer.
  3. Membersihkan kitchen set dari bahan kayu solid mudah dibersihkan.
  4. Permukaan kitchen set lebih terlihat bagus dan mengkilap dengan mengecat permukaan menggunakan pelitur.

Kekurangan Bahan Kayu Solid

  1. Tidak semua kayu solid mampu mempertahankan kualitasnya, ini disebabkan karena acara perawatan yang kurang tepat. Karena kayu yang berkualitas buruk akan mudah patah dan penyok.
  2. Warna dan tekstur kitchen set dari bahan kayu solid akan mudah rusak ketika terkena bahan kimia yang mengandung asam.
  3. Tingkat kelembaban ruangan dapat mempengaruhi perubahan kualitas permukaan kitchen set dengan mudah.
  4. Harus dipoles berulang kali untuk mempertahankan kualitas permukaannya. 

Baca Juga: Tips Memilih Furniture Kayu Untuk di Pasang di Rumah

3. Bahan dari Kayu Veneer

Kayu Veneer hampir sama dengan kayu laminasi. Dimana kayu veneer adalah potongan tipis dari irisan kayu solid atau lembaran kayu solid kemudian ditempelkan diatas substrat. Lembar ini kemudian dilakukan pemolesan dan diberi warna agar menghasilkan tekstur dan warna yang diinginkan. Kayu veneer memiliki keindahan kayu yang alami sehingga cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan kitchen set.

Kelebihan Bahan Kayu Veneer

  1. Tahan lama.
  2. Harga lebih ekonomis.
  3. Kitchen set berpotensi keras namun terlihat lembut.
  4. Dapat dirawat dengan mengecat untuk mencapai tingkat pengkilapan dengan hasil akhir glossy matte 10 – 19%, semi glossy 40 – 59%, dan high gloss 80 – 99%.

Kekurangan Bahan Kayu Veneer

  1. Cenderung berubah warna ketika cahaya matahari secara langsung sehingga tidak cocok dijadikan sebagai kitchen set outdoor.
  2. Harus sering dilakukan poles pada permukaan kayu apabila sudah lama digunakan.
  3. Memoles kayu harus dengan cara benar, karena apabila tidak benar akan ada bercak noda yang menempel pada permukaan kayu veneer.
  4. Tidak tahan terhadap goresan. 
Kitchen Set, Sumber: Unplash/@mikael

4. Bahan dari Kayu Laminasi

Penggunaan kayu Laminasi sebagai bahan pembuatan kitchen set disebabkan karena kayu solid terbilang cukup mahal sehingga bisa diganti dengan kayu laminasi. Kayu laminasi merupakan kayu yang berasal dari pemotongan kayu dan telah mengalami beberapa tahap pengolahan tertentu. Dalam pemilihan bahan kayu laminasi, pilihlah bahan laminasi bertekanan tinggi atau high pressure laminates (HPL). Salah satu brand yang menggunakan laminasi HPL adalah merk Taco.

Taco berlokasi di Maspion Plaza, lantai 8, jalan Gunung Sahari Kav 18 Jakarta. Jika Anda ingin berkunjung kesini dapat menggunakan jasa sewa elf jakarta atau kendaraan umum lainnya yang berada di Jakarta atau sekitar Jabodetabek.

Kelebihan Kayu Laminasi

  1. Tahan lama.
  2. Harga yang terjangkau.
  3. Permukaan kayu tidak mudah tergores sehingga tidak perlu dipoles berulang kali untuk mempertahankan kualitas permukaannya.
  4. Tahan terhadap kelembaban suhu.
  5. Permukaan kayu mudah dibersihkan.

Kekurangan Kayu Laminasi

  1. Apabila tidak dipasang dengan benar menjadi kitchen set maka tepi kitchen set dari laminasi cenderung mengelupas.
  2. Tidak dapat diperbaharui karena laminasi terbuat dari resin berbahan dasar plastik dan kertas yang dikompres di bawah tekanan tinggi.
  3. Berbagai jenis kayu laminasi diketahui memancarkan gas beracun ke udara.

Nah, itulah beberapa jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan kitchen set. Sebelum pembuatan kitchen set, Anda harus bijak memilih bahan apa yang digunakan. Karena setiap bahan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior