Membuat Dekorasi Dinding Rumah Lebih Menarik Dengan Motif Batik

Sudah banyak kita ketahui bahwa kain batik memiliki kharisma yang luar biasa. Motifnya yang sangat khas menjadikannya terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Maka tidak berlebihan apabila batik disebut kain tradisional yang memiliki nilai yang tinggi. Kain ini banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk membuat pakaian seragam batik, seragam dinas, dan lain-lain. Namun ternyata batik juga sangat cocok untuk dekorasi dinding rumah, lho.

Definisi Batik

Menurut bahasa jawa, batik terdiri atas dua kata, yaitu amba dan nitik. Amba memiliki arti menulis sedangkan nitik berartikan membuat titik. Kedua kata tersebut memiliki makna simbolis yaitu bahwa manusia sejatinya akan terus menelusuri dunia dan mengekspresikannya pada sebuah gambar. Itulah kenapa motif batik yang banyak dikenal kebanyakan bermotif tumbuhan ataupun hewan.

Batik, Sumber: Batikijannati.com

Namun walaupun dulu nya batik hanya bermotif sebatas hewan dan tumbuhan, pada zaman yang modern ini motif batik banyak dikembangkan. Selain dikembangkan pada motif, dalam memproduksi batik pun banyak metode yang digunakan. Apabila pada zaman dahulu batik hanya bisa digambar secara manua, sekarang batik dapat diproduksi dengan berbagai teknik seperti teknik celup ikat, teknik printing, teknik cap, hingga teknik colet.

Fungsi dan Motif Batik

Dibalik keelokannya yang menawan, batik ternyata juga dapat dipisahkan berdasarkan fungsinya. Setidaknya ada dua fungsi dari batik, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis. Fungsi praktis sendiri maksudnya adalah kegunaan dari batik tersebut untuk sehari-hari. Seperti yang kita ketahui bahwa batik sering diaplikasikan pada kemeja, sarung, daster, jarik, selendang, hingga kerudung. Maka kegunaan itulah yang menjadikan batik memiliki fungsi praktis.

Untuk fungsi batik yang kedua yaitu fungsi estetis, maksudnya adalah kegunaan batik yang mana keindahan batik tersebut ditonjolkan. Dalam kegunaannya sebagai fungsi estetis, batik sering dimanfaatkan sebagai hiasan dan juga simbol sosial. Keindahan batik dapat dimanfaatkan untuk hiasan, seperti dijadikan taplak meja, hiasan dinding, sprei, dan lain-lain. sedangkan simbol sosial yang dimaksud adalah nilai filosofi dari motif batik yang diproduksi.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Renovasi Sederhana

Berbicara mengenai motif batik, motif batik dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu motif geometris dan motif non-geometris. Untuk motif geometris memiliki bidang yang simetris, selain itu biasanya batik dengan motif ini memiliki gambar yang berulang. Ada berbagai macam motif batik geometris, salah satunya adalah motif swastika. Motif ini memiliki gambar berupa huruf Z yang digambar berlawanan. Biasanya motif tersebut digunakan untuk hiasan pinggir.

Berbeda dengan motif geometris yang memiliki bidang simetris, motif non-geometris memiliki bentuk yang tidak tersusun. Biasanya motif ini berupa gambar candi, tumbuh-tumbuhan, hingga binatang. Untuk bentuk tumbuhan, motifnya dapat mengadaptasi dari bentuk bunga, kuncup, daun, batang, dan sebagainya. Sedangkan untuk bentuk binatang dapat berupa gambar kupu-kupu, kijang, ular, dan lain-lain.

Dekorasi Dinding Motif Batik, Sumber: instagram/@wallpaperdinding.sda

Batik Sebagai Dekorasi Dinding

Batik seringkali dimanfaatkan sebagai pakaian atau busana hingga berbagai macam aksesoris. Namun disamping itu, batik ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan dinding rumah anda. Dengan dekorasi motif batik yang unik, tentunya akan menambah estetika dan membuat dinding rumah anda akan terlihat lebih bagus.

Dalam memanfaatkan batik untuk hiasan dinding, anda dapat menggunakan wall hanging yang terbuat dari kain mori yang telah digambar batik. Barang tersebut dapat anda temukan di berbagai toko batik yang tersebar di seluruh nusantara. Wall hanging batik juga tidak sebatas dari kain saja, namun dapat berupa benda selain kain seperti kayu. Dengan menghiasi dinding dengan batik maka interior rumah anda akan terlihat unik.

Selain menghiasi dinding rumah dengan batik, anda juga dapat memanfaatkan batik pada berbagai macam perabot untuk menambah keindahan interior rumah anda. Anda dapat menggunakan taplak batik untuk meja rumah anda. Untuk menambah kesan etnik, anda pun bisa menggunakan lampu tidur hias yang bermotif batik. Namun untuk mendapatkan desain interior rumah dengan motif batik yang terbaik, anda dapat berkonsultasi pada penyedia jasa interior Jogja.

Kelebihan Dekorasi Dinding Dengan Motif Batik

Seringkali saat mendesain rumah hanya bermotifkan itu-itu saja, bahkan banyak orang yang tidak memperhatikan sisi desain dari rumah mereka. Selain memilih furniture kayu untuk interior rumah, menambahkan dekorasi dinding dengan motif batik, maka akan membuat rumah terlihat tidak monoton lagi. Pesona dari batik akan memberikan nuansa baru dari rumah sehingga membuat penghuninya lebih betah berada di rumah.

Dekorasi Dinding Motif Batik, Sumber: instagram/@dindingunik

Cara Memulai Dekorasi Dinding Motif Batik

Untuk membuat dekorasi batik di rumah anda, anda dapat memulainya sesegera mungkin bahkan dapat anda lakukan sendiri dengan modal kreatifitas yang anda miliki. Namun perlu diingat bahwa dalam mendesain interior, anda perlu memperhatikan keserasian warna yang dimiliki. Pastikan batik yang akan anda aplikasikan sesuai dengan warna dinding anda. Anda dapat memanfaatkan warna cerah pada motif batik untuk membangkitkan suasana ceria.

Untuk hiasan dinding, anda juga dapat memanfaatkan kain batik yang telah dibingkai terlebih dahulu. Penempatan batik tersebut juga perlu diperhatikan agar tidak terkesan ramai. Selain itu walaupun batik dapat ditempatkan di mana saja, akan lebih baik untuk tidak menempatkan batik di lantai untuk menghormati filosofi batik tersebut.

Mendekorasi rumah dengan batik juga dapat anda lakukan dengan memadu padankan gaya modern. Perpaduan gaya modern dengan batik akan menghasilkan model yang etnik kontemporer. Contohnya pada ruang tamu yang biasanya menggunakan konsep modern, anda dapat menyisipkan motif batik di sekitar ruangan tersebut seperti di wallpaper dinding dan pernak pernik meja. Dengan demikian kesan modern tidak akan terlihat memudar ataupun menonjol.

Nah, itulah ulasan dari Kami mengenai dekorasi batik untuk dinding rumah. Pada dasarnya untuk mendekorasi dinding dengan batik cukuplah mudah. Anda hanya perlu menyesuaikan warna dinding rumah dengan motif batik yang anda sukai. Semoga dengan adanya uraian di atas dapat membantu anda dalam membuat rumah anda menjadi lebih unik.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior