Tips Desain Rumah Renovasi Sederhana

Tips Desain Rumah Renovasi Sederhana

Setiap orang tentunya ingin mempunyai rumah dengan harga terjangkau. Tetapi rumah yang dijual oleh pengembang tentunya sudah memiliki desain eksterior yang cukup sederhana, minimalis dan tidak memakan lahan yang luas. Oleh karena itu bagi yang sudah memiliki rumah biasanya perlu melakukan penambahan sentuhan pada rumahnya dengan renovasi kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan lain.

Desain Sederhana Secara Keseluruhan

Desain pada rumah atau bangunan secara umum itu terbagi dua jenis. Ada desain eksterior yang melingkupi bentuk bangunan dan lahan beserta pelengkapnya, ada pula desain interior yang fokus terhadap pengaturan ruangan di dalam rumah termasuk berbagai furniturnya. Kedua jenis desain ini harus saling sinkron agar tempat tinggal Anda terlihat nyaman baik dilihat dari luar (eksterior) maupun dilihat dari dalam (interior).

Mari kita perhatikan dahulu desain rumah bagian luar (eksterior). Biasanya pengembang hanya membangun perumahan dengan berbagai tipe tertentu dengan kondisi “telanjang”, artinya memang untuk menyediakan rumah secara sederhana. Maka di situlah ketika Anda sudah memilikinya dapat mendesain bagian luar rumah, misal menambahkan kanopi, membangun pagar rumah, atau menata taman kecil di halaman Anda.

Eksterior rumah modern kecil sederhana, unsplash @ialicantemediterraneanhomes
Eksterior rumah modern kecil sederhana, unsplash @ialicantemediterraneanhomes

Jika Anda ingin lebih bersahabat dengan alam sekitar, maka Anda dapat menerapkan konsep sustainable architecture (arsitektur berkelanjutan) atau bisa disebut green house. Anda dapat memanfaatkan halaman tanah sekitar rumah atau misal jika hanya memiliki sepetak taman kecil di bagian depan rumah, yaitu dengan memasang biopori di beberapa titik di taman kecil Anda, hal itu berguna untuk menyerap air hujan ke dalam tanah sehingga akan menjaga ketersediaan air tanah dan mencegah terjadinya banjir.

Pada konsep green house ini, Anda pun dapat memanfaatkan dinding pinggir halaman Anda dengan memasang tanaman hias secara vertical dengan menggunakan instrumen tertentu yang khusus untuk digunakan memasang tanaman. Hal ini akan semakin membuat nuansa rumah Anda terlihat sejuk, adem, dan friendly terhadap lingkungan.

Desain Bagian Interior

Kemudian desain pada bagian dalam rumah (interior) dapat Anda lakukan dengan mengatur berbagai ruangan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan saja, mulai dari mengatur ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, kamar tidur dan jika ada ruang makan. Semua ruangan itu dapat diatur desainnya mulai dari warna cat dinding, wall art, dan furnitur serta tata letaknya.

Pada dinding, tentunya selalu warna cerah yang menjadi pilihan bagi siapa pun karena akan membuat nuansa tenang, nyaman, sejuk, kalem, energik, luas dan ceria sekalipun ruangan itu sebetulnya hanya memiliki ukuran kecil. Anda pun dapat mendesain dinding di ruangan tertentu dengan memasang wallpaper dinding pilihan Anda yang mempunyai berbagai jenis motif dan corak untuk membuat aksen pada ruangan tertentu.

Desain interior rumah sederhana, unsplash @alexagorn
Desain interior rumah sederhana, unsplash @alexagorn

Agar dinding tidak terlihat terlalu polos dan membosankan, Anda dapat menambahkan sentuhan pemasangan berbagai wall art berupa foto-foto, lukisan, gambar, kaligrafi, jam dinding, dan lainnya, tetapi tidak perlu juga terlalu banyak memasang wall art karena akan menutupi nuansa yang diciptakan pada warna dinding yang Anda pilih.

Baca juga: Tips Menata Interior Minimalis

Kemudian setelah didesain dinding pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur dan kamar mandi dan dapur, Anda tinggal hanya memilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi dapat pula efisien terhadap ruangan, sehingga tidak terlalu banyak memakan ruang, maka di sinilah pentingnya selain memilih furnitur, Anda pun harus pandai dalam menata letak berbagai barang tadi agar ruangan terlihat nyaman dan rapi.

Demikianlah konsep desain renovasi sederhana luar dan dalam rumah yang dapat Anda lakukan. Dimulai dari mendesain halaman taman, memasang kanopi untuk terhindar dari terik dan hujan, memasang pagar demi keamanan rumah, hingga mendesain bagian dalam rumah mulai dari dinding hingga berbagai furnitur dan tata letaknya.

Ada baiknya Anda menata eksterior dan interior rumah besama ahlinya, karena banyak faktor tentunya. Namun alasan yang utama adalah agar keinginan Anda bisa terealisasi dengan baik. Kami dari Jogja Desain Interior bisa menjadi partner dalam menata rumah Anda dengan baik. Trimakasih, salam hangat dari kami.

Leave a Comment

WhatsApp Mau Free Konsultasi?