Tips Menata Interior Minimalis Nan Ekonomis

Tips Menata Interior Minimalis Nan Ekonomis

Lain dahulu lain sekarang, orang dahulu dapat menikmati desain rumahnya hanya bagi kalangan konglomerat atau ekonomi kelas atas. Nilai keindahan seni estetika pada desain rumah khususnya interior tidak dapat dimengerti apalagi dinikmati oleh kalangan masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Jauh berbeda dengan kondisi zaman dahulu bukan?

Pada artikel ini akan kami berikan beberapa tips singkat menata berbagai jenis ruang agar terkesan minimalis. Diantaranya untuk penataan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Semoga bermanfaat dan selamat membaca lebih lanjut.

Ruang Tamu, Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Zaman sekarang dikarenakan jumlah penduduk semakin bertambah, luas lahan perkotaan maupun pinggiran kota semakin terbatas, maka solusinya adalah membangun rumah minimalis murah yang menekan harga agar dapat terjangkau kalangan menengah ke bawah yang akhirnya menjadi tren masyarakat masa kini.

Memang patut diakui, ruangan sempit agak cukup sulit untuk mengatur tata letak berbagai furnitur yang Anda butuhkan di setiap ruangan atas fungsinya masing-masing. Tetapi bukan berarti dengan memiliki ruangan dengan ukuran kecil Anda tidak dapat mendesain ruangan tersebut.

Kaligrafi kufi yang cocok untuk ruang tamu, sumber ig @kufinama
Kaligrafi kufi yang cocok untuk ruang tamu, sumber ig @kufinama

Mari kita mulai dengan ruang tamu. Ruangan ini merupakan tempat terdepan ketika orang lain masuk mengunjungi rumah Anda. Ruang tamu ini akan memberikan kesan tertentu kepada tamu kehormatan Anda karena melihat desainnya. Dalam ruangan yang minimalis, Anda cukup menempatkan sofa dan meja yang tidak terlalu besar. Untuk wall art, cukup pasang yang sederhana saja, bisa kaligrafi, foto atau lukisan.

Kamar tidur minimalis dengan meja klasik kecil, unsplash @raphaelphotoch
Kamar tidur minimalis dengan meja klasik kecil, unsplash @raphaelphotoch

Kamar tidur merupakan tempat paling vital karena sebagai tempat istirahat sehari-hari, maka jika ukuran ruangannya sempit, Anda tidak perlu memiliki kasur yang tidak terlalu besar. Lalu untuk pernak-pernik dekorasi lainnya bisa menambahkan meja minimalis yang mempunyai tempat-tempat kecil untuk menyimpan hiasan atau keperluan Anda sehari-hari.

Kamar mandi minimalis dengan tampat sabun kecil, unsplash @jareddrice
Kamar mandi minimalis dengan tampat sabun kecil, unsplash @jareddrice

Untuk kamar mandi sebetulnya yang vital hanyalah harus ada bak mandi dan tempat buang air serta salurannya. Soal dekorasinya, Anda cukup dengan menambahkan wastafel jika diperlukan, atau bisa juga memasang kotak penyimpanan peralatan mandi serta gantungan pakaian agar dapat memudahkan aktivitas Anda ketika berada di dalam kamar mandi.

Dapur dan Dinding

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dapur. Di dalam dapur selalu terdapat kitchen set yaitu berupa lemari yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis peralatan masak maupun perabotan makan dan minum serta penyimpanan bumbu masak. Lemari ini pun ada yang disebut kabinet yaitu lemari gantung yang direkomendasikan bagi Anda pula agar kebutuhan memasak Anda semakin mudah terpenuhi.

Kitchen set minimalis, unsplash @chuttersnap
Kitchen set minimalis, unsplash @chuttersnap

Pada dapur ini terdapat lima konsep yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda dan dapat disesuaikan dengan kondisi ukuran ruangan dapur Anda. Konsep yang dapat dipilih diantaranya Kitchen Straight, Kitchen L-Shaped, Kitchen Parallel, Kitchen U-Shaped dan Kitchen Island. Namun bagi ruangan sempit, Anda bisa menerapkan konsep Kitchen Straight karena hanya membutuhkan sebuah meja yang menempel pada satu bagian dinding dapur Anda sehingga tidak terlalu memakan tempat pada bagian lain.

Baca juga: Konsep Dapur Minimalis untuk Keluarga

Pintu dengan dinding minimalis putih, unsplash @philberndt
Pintu dengan dinding minimalis putih, unsplash @philberndt

Kemudian menyoal tentang dinding tentu tak akan lepas dari perhatian dalam mempengaruhi sebuah ruangan, karena dinding adalah pemisah dan pembatas antar ruangan yang berbeda fungsi dan nuansa. Pada dinding berbagai ruangan, Anda tentu bisa memolesnya dengan cat berwarna terang dengan perpaduan beberapa warna atau mungkin hanya satu warna pun boleh. Selain itu, jika ingin membuat dinding terkesan ramai atau mempunyai efek ilusi, maka Anda bisa memasang wallpaper dinding.

Nah, itulah tips-tips sederhana yang dapat Anda laksanakan untuk mengatur desain interior rumah Anda pada seluruh ruangan sehingga baik keluarga maupun tamu akan merasa nyaman dengan menikmati keadaan berbagai ruangan yang minimalis. Oleh karena itu ciptakanlah kesan menarik pada rumah kesayangan Anda.

Jika masih bingung bagaimana menciptakan kesan minimalis dengan budget yang Anda miliki. Kami dari Jogja Desain Interior siap menjadi sahabat dan konsultan keperluan interior ruang idaman Anda. Tak perlu ragu untuk menghubungi kami, tim konsultan kami siap sedia membantu merealisasikan keinginan Anda.

Leave a Comment