Tips dan Trik Rumah Sederhana Untuk Kaum Milenial

Memiliki rumah sangat sederhana mempunyai sisi lebih dibandingkan yang lainnya. Tidak perlu repot membersihkan rumah terlalu lama. Apalagi saat ini, rumah sangat sederhana sudah menjamur di kalangan industri home dan living. Bukan berarti menerapkan konsep rumah ini menyampingkan impian rumah yang telah direncanakan lama. Malah sebaliknya, meskipun terlihat sederhana bisa menampilkan sisi kemewahan dan kekinian.

Tips Dan Trik Rumah Sederhana Kekinian

Berikut ini ada beberapa cara menjadikan hunian menjadi nyaman dan eye catching untuk rumah sederhana milenial. Anda bisa terapkan sendiri atau memakai jasa konsultan interior kepercayaan Anda.

Memilih Rak Susun Yang Praktis

Langkah pertama yang bisa diterapkan di ruang terbatas rumah sederhana, menggunakan rak bersusun. Rak bersusun ini bisa diletakkan di sudut ruangan. Untuk menghemat ruangan bisa pula memasangnya di sudut atas ruangan. Supaya tampil lebih kece bisa menempatkan dekorasi yang selaras dengan ruangan.

Rak susun di sudut dapur, sumber unsplash @lecreuset
Rak susun di sudut dapur, sumber unsplash @lecreuset

Tampil Lebih luwes dengan rotan

Rumah sangat sederhana sebaiknya menghindari menggunakan furnitur dengan material berat. Untuk menghilangkan kesan sempit, bisa mengalihkannya ke bahan lebih ringan. Semisal rotan, selain ringan bahan tersebut juga mudah dipindahkan. Dengan bahan rotan dapat menambah kesan natural dan elegan ruangan.

Tempat tidur dengan bahan rattan yang minimalis, sumber unsplash @mathilde_merlin
Tempat tidur dengan bahan rattan yang minimalis, sumber unsplash @mathilde_merlin

Baca juga: Tips Menata Ruang Minimalis Ekonomis

Memaksimalkan Pencahayaan

Mempunyai rumah sangat sederhana tidak lantas sulit untuk mengubahnya lebih leluasa. Salah satu cara penanganan ruangan menjadi lebih renggang dengan menghindari kaca gelap dan tirai berat. Sebaiknya mengusahakan setiap ruangan terkena pantulan sinar matahari. Selain itu, setiap ruangan perlu memiliki pencahayaan lampu maksimal supaya terlihat lebih luas.

Kamar minimalis dengan pencahayaan bagus, sumber unsplash @hutomoabrianto
Kamar minimalis dengan pencahayaan bagus, sumber unsplash @hutomoabrianto

Membuat Ilusi Luas Dengan Karpet

Rumah sangat sederhana menjadi lebih maksimal dengan penataan perspektif yang tepat. Trik yang bisa dicoba seperti meletakkan karpet di bawah setiap furnitur ruangan. Dengan begitu, tampilan karpet memberikan kesan ilusi bahwa ruangan tersebut lebih luas daripada perkiraan sebelumnya.

Karpet dibawah meja, sumber unsplash @element5digital
Karpet dibawah meja, sumber unsplash @element5digital

Bermain Di Ruang Vertikal

Untuk mengoptimalkan rumah sangat sederhana, memanfaatkan ruangan secara vertikal. Seperti contoh menggunakan rak setinggi dinding. Hal tersebut dapat menyisakan beberapa area untuk barang yang lainnya. Selain itu, rak tersebut masih tetap bisa untuk menyimpan barang tertata rapi.

Sentuhan Hijau

Hal berikutnya yang mudah diaplikasikan dalam hunian yaitu memberikan nuansa alami. Untuk sisi natural bisa menambahkan tanaman pada sudut ruangan. Supaya tidak menyita banyak ruangan maka menggunakan tanaman dalam pot-pot kecil ataupun tanaman gantung. Sesuaikan tanaman dengan besar ruangan dalam hunian.

Tanaman di meja tamu yang memberikan sentuhan hijau, sumber unsplash @designecologist
Tanaman di meja tamu yang memberikan sentuhan hijau, sumber unsplash @designecologist

Baca juga: Konsep Hunian Rumah Hijau

Mempercantik Sudut Ruangan Rumah

Trik berikutnya yang perlu menjadi fokus untuk menata rumah sangat sederhana, memanfaatkan sudut ruangan secara maksimal. Melihat sudut ruangan seperti halnya melihat ruangan kosong yang perlu diisi. Seperti contoh menaruh rak ataupun kasur pada sudut ruangan. Selain, memaksimalkan ruangan bisa pula dipercantik dengan menambahkan barang unik di sudut tersebut.

Memenuhi Dinding Dengan Dekorasi

Hampir sama dengan tips untuk mengisi kekosongan sudut ruangan. Dinding ruangan bisa dimanfaatkan untuk meletakkan dekorasi supaya rumah tampil lebih bergaya. Tidak perlu berkecil hati tidak bisa meletakkan barang secara horizontal, masih banyak area vertikal yang bisa digunakan. Namun, jangan terlalu banyak menaruh barang pada dinding karena bisa membawa kesan ruangan lebih sempit.

Living room dengan dekorasi dinding minimalis, sumber unsplash @sadswim
Living room dengan dekorasi dinding minimalis, sumber unsplash @sadswim

Meminimalisir Barang Di Dalam Rumah

Barang-barang yang tidak berguna bisa saja memenuhi hunian. Hal tersebut lama kelamaan menjadi timbunan barang yang menjadikan rumah terlihat berantakan. Untuk menghindari kejadian tersebut, maka perlu membereskan dan merapikan barang-barang sesuai tempatnya. Adakalanya membuang barang-barang yang tidak digunakan lagi. Meletakkan barang-barang pokok pada ruangan semisal meja dan kursi. Menyimpan pernak pernik atau barang kecil lainnya di dalam laci sehingga rumah relatif luas.

Jadi itulah beberapa referensi yang menjadikan rumah sangat sederhana lebih maksimal. Bukan berarti rumah sederhana berujung rumah seadanya. Jika dibekali niat untuk mengubah desain interior maka mewujudkan rumah impian bukanlah wacana lagi. Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut untuk mewujudkan konsep rumah milenial, kami sangat senang bisa hadir untuk memberikan free konsultasi lebih lanjut. Salam hangat dari Jogja Desain Interior.

2 thoughts on “Tips dan Trik Rumah Sederhana Untuk Kaum Milenial”

Leave a Comment