Tips Mudah Mewujudkan Desain Rumah Impian Nuansa Natural

Setiap orang sudah jelas pasti memiliki desain rumah impian masing-masing. Hampir keseluruhan ingin mendatangkan nuansa alami ke dalam huniannya. Mengapa demikian? Karena kesan natural di dalam rumah dapat membawa ketentraman, kehangatan, sekaligus kenyamanan. Selain itu, sisi natural mendatangkan nilai estetika pula.

Mendesain rumah impian bernuansa natural, tentu harus menyelaraskan dengan gaya hidup saat ini yang sehat, hemat energi, dan mencintai lingkungan. Maka tak ayal sekarang desain rumah ramah lingkungan menjadi favorit keluarga Indonesia. untuk mewujudkan rumah impian tersebut tidak terlalu sulit, asal mengikuti langkah-langkah berikut ini dan jangan sampai terlewatkan saat mendesain rumah dengan konsep ini.

Cara Mewujudkan Rumah Impian Bernuansa Natural

Artikel kali ini akan ada beberapa tips yang semakin mudah merencanakan rumah dengan nuansa natural. Silahkan simak dengan seksama dari awal hingga akhir. Jika ingin segera mewujudkan untuk rumah Anda, hubungi kami untuk layanan konsultasi interior Jogja lebih lanjut. Berikut ini tips mewujudkan rumah natural untuk Anda, yaitu:

Mengombinasikan Warna Tanah Dengan Warna Modern

Rumah yang menonjolkan ciri sisi alami yaitu penggunaan warna-warna tanah atau biasa dikenal earthy tone. Apalagi warna-warna ini terkesan modern jika dipadukan dengan warna putih dan warna gelap pekat. Untuk warna tanah diantaranya yaitu cokelat, oranye, kuning langsat, dan krem. Sementara warna gelap yang selaras yaitu abu tua dan biru dongker. Kombinasi warna tersebut bisa menambah kesan epik pada hunian.

Ruang dengan nuansa coklat dari kayu yang kental, sumber unsplash @kintecus
Ruang dengan nuansa coklat dari kayu yang kental, sumber unsplash @kintecus

Menghadirkan Nuansa Kayu

Langkah selanjutnya untuk mencirikan rumah impian nuansa natural, dengan menerapkan cara kombinasi warna ke ruang makan. Untuk ruang makan bisa didominasikan pada furnitur berbahan kayu. Penggunaan material kayu bisa untuk meja, kursi, lemari, yang menghadirkan kesan rustik yang bersahaja. Supaya tampil lebih modern maka bisa mengaplikasikan jejeran kursi makan ala skandinavian. Jika membutuhkan bantuan kami, anda bisa memakai layanan tukang kayu Jogja dari kami tentunya.

Kesan natural dari ruangan dengan kursi kayu, sumber unsplash @jakecampbell
Kesan natural dari ruangan dengan kursi kayu, sumber unsplash @jakecampbell

Menyegarkan Sudut Ruangan

Tips berikutnya tidaklah sulit untuk diterapkan di dalam rumah. Supaya hunian tampak lebih segar dengan meletakkan tanaman hias ataupun indoor plant di sudut ruangan. Hendaknya indoor plant ditaruh di atas furnitur yang tak sering digunakan. Seperti kabinet, rak tv, dan furnitur lainnya. Dengan adanya pemandangan indoor plant secara psikologis memberikan kedekatan kepada alam.

Ruang makan dengan sudut hijau dari tanaman, sumber unsplash @grovemade
Ruang makan dengan sudut hijau dari tanaman, sumber unsplash @grovemade

Memberikan Udara Dan Pencahayaan Cukup Di Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan pusat ruangan di dalam hunian. Sudah sepantasnya ruangan ini dibuat senyaman mungkin untuk berkumpul bersama keluarga. Maka perlu bukaan yang cukup untuk udara yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, bukaan yang banyak meminimalkan penggunaan lampu dan pendingin saat siang hari. untuk tetap tampil natural di ruang keluarga bisa menambahkan lampu bambu. dengan begitu dapat menjaga keintiman dan keharmonisan bersama keluarga tercinta. Meja kecil di samping bisa menambah mobilitas untuk ruang keluarga yang mungil.

Ruang keluarga dengan pencahayaan yang baik, sumber unsplash @danielcgold
Ruang keluarga dengan pencahayaan yang baik, sumber unsplash @danielcgold

Menciptakan Teras Rumah Asri

Mewujudkan rumah impian berikutnya memfokuskan pada penataan teras. Mendesain rumah natural maka tak lepas dari penataan yang rapi pada teras. Hendaknya, saat mendesain teras tidak menempatkan furnitur outdoor tepat di depan jendela. hal tersebut menghambat sinar matahari masuk ke dalam rumah. Supaya tampil alami tempatkan tanaman hias di sisi furnitur ataupun sudut teras.

Teras lantai dua yang alami, sumber unsplash @fromitaly
Teras lantai dua yang alami, sumber unsplash @fromitaly

Baca juga: Tips Menata Rumah Dengan Konsep Hijau

Menambahkan Dekorasi Alami

Langkah selanjutnya yang sangat mudah ditiru untuk hunian alami yaitu menempatkan dekorasi berbahan organik. Ciri rumah ramah lingkungan menggunakan bahan alami dan handmade, semisal keranjang anyaman, hiasan dinding anyam, vas bunga, dan mangkuk yang terbuat dari tanah liat. Maka hunian semakin terlihat adem dan indah.

Vas bunga kecil di ruangan untuk membaca, sumber unsplash @taylorgsimpson
Vas bunga kecil di ruangan untuk membaca, sumber unsplash @taylorgsimpson

Jadi itulah beberapa referensi untuk mendesain rumah impian bernuansa alami. Bukan berarti langkah yang terlihat sepele dapat dengan mudah diterapkan pada hunian. Jika sembrono dalam pemilihan warna sampai dekorasi bisa-bisa menimbulkan kesan norak dan tak sedap dipandang.

Anda bisa bekreasi sendiri untuk mewujudkan konsep hunian rumah yang natural. Namun jika membutuhkan jasa konsultan desain interior untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Kami dari tim Jogja Desain Interior dengan senang membantu Anda. Terimakasih, salam hormat dari kami.

Leave a Comment