Tips Packing Furniture Yang Perlu Anda Tahu!

Dunia bisnis telah mengalami perubahan yang begitu pesat. Seseorang bisa pesan online dan dapat diantarkan pesanannya walaupun dengan jarak yang jauh. Dengan pelayanan itu semakin memudahkan konsumen dalam berbelanja.

Salah satu faktor penting dalam layanan jasa antar adalah packing. Ya packing atau cara mengemas barang menjadi faktor pendukung jika berkeinginan mendapat barang yang tetap baik dan bagus saat sampai dari perjalanan.

Packing yang baik menyelamatkan barang, sumber : pkerja.com

Beberapa penyedia jasa kirim barang tentunya juga melihat hal ini dalam bisnisnya. Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan pelayanan kepada para konsumen. Sehingga penyedia jasa kirim barang tetap eksis di banyak kota seperti jasa ekspedisi cargo di Jogja.

Pengiriman barang bukanlah hal yang bisa disepelekan. Keharusan barang yang tetap utuh dan dalam kondisi bagus ketika sampai di lokasi merupakan syarat mutlak yang diinginkan oleh para konsumen.

Sehingga butuh penanganan yang tidak biasa berkenaan dengan jasa ini. Barang apapun yang dikirimkan tetap harus terjaga keadaannya. Baik itu dari barang-barang elektronik bahkan sampai furniture.

Jika elektronik sangat rentan terhadap kerusakan komponennya ketika dalam perjalanan, maka furnitur berbeda. Bisa jadi furniture jika tidak dikemas dengan baik bisa terdapat kerusakan dari lecet dan terkelupas catnya bahkan bisa patah atau kerusakan yang lainnya.

Maka kecermatan dan kelihaian dalam packing sangat dibutuhkan dalam pengiriman barang apapun. Dan berikut tips dalam packing furniture agar aman:

Tips Packing Furniture Agar Aman

1. Pilih Material Yang Sesuai

Dalam dunia pengemasan barang ada banyak alternatif materi yang biasa dipakai. Baik itu berupa kardus, plastik bahkan sampai kayu. Dalam penanganan furniture harus dilihat dahulu materi yang digunakan dalam pembuatan furniture.

Jika furniture berbahahan kayu, maka dalam packingnya bisa menggunakan kardus yang cukup tebal agar tidak menggores cat atau pelitur. Atau jika furniture berbahan lain maka materi pengemasan bisa disesuaikan.

Kardus material yang cukup baik untuk packing, sumber : hutankayu.com

Dan jika harus menggunakan materi kayu dalam packing, bisa memakai kayu randu yang cenderung lebih soft, bukanlah kayu yang termasuk dalam 7 kayu berkualitas yang biasa digunakan dalam pembuatan podium.

2. Buat Desain Kemasan

Desain dalam pengemasan juga tidak kalah penting. Desain yang sesuai akan membuat barang yang dikirim akan sampai dengan keadaan baik. Desain yang baik biasanya adalah kerapatan yang disesuaikan dengan  bentuk barang.

Desain yang rapat membuat barang dalam kemasan tidak terbentur kesana kemari. Karena benturan akan merusak cat serta bisa menimbulkan kerusakan yang lebih berat pada furniture.

3. Bungkus Tiap Sudut Barang

Walaupun barang sudah dalam keadaan rapat dan kuat dalam kemasan. Namun tetap saja dalam perjanan riskan pada benturan-benturan. Nah untuk meminimalisir goresan yang kemungkinan muncul karena benturan maka dibutuhkan pembungkus di tiap sudutnya.

Beberapa material yang biasa dijadikan pembungkus sudut dalam packing furniture adalah stereofoam, kain ataupun plastik pembungkus. Dengan adanya pembungkus tersebut harapannya barang tidak akan tergores sedikitpun.

4. Pisahkan Bagian Yang Bisa Dilepaskan

Biasanya dalam furniture ada komponen yang sengaja dipasang tidak terlalu kuat. Hal tersebut dimaksudkan untuk penambah nilai seni dan keindahan. Nah sebaiknya komponen ini dilepaskan dahulu agar tidak menimbulkan kerusakan dalam pengiriman.

Setelah dilepaskan komponen tersebut dikemas dalam posisi menempel agar tidak lari kesana-kemari dalam perjalanan. Sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang tidak diaharapkan.

5. Bungkus Bagian Lebih Riskan Secara Berlapis

Dalam furniture sering ada komponen yang riskan mudah pecah atau rusak seperti kaca. Maka komponen itu sebaiknya dibungkus secara berlapis agar tahan menghadapi getaran ketika perjalanan. Selain itu bisa jiga diperkuat dalam rekatannya.

6. Pasang Sticker Peringatan

Sticker peringatan merupakan salah satu faktor yang amat penting dalam pengiriman barang. Sehingga dengan adanya sticker peringatan tersebut dapat menginformasikan kepada kurir tentang apa yang ada dalam kemasan. Sehingga dengan peringatan itu kurir akan bertindak menyesuaikan pada isi paket.

Sticker peringatan penting untuk keamanan barang, sumber : bukalapak.com

Nah itulah beberapa tips dalam packing furniture. Pengemasan yang baik dalam pengiriman furniture membuat barang yang dikirim tidak rusak. Sehingga furniture yang dimaksudkan untuk mempercantik interior ruang akan sampai sesuai harapan.

Dengan furniture yang sudah ada dalam genggaman, konsumen tinggal meminta bantuan jasa interior terdekat di kotanya dalam hal penataan ruang. Dengan jasa interior Jogja misalkan, kita dapat menata ruangan kita dengan furniture yang telah kita pesan sehingga ruang semakin indah dan harmonis.

Tetapi jika tetap terdapat kerusakan dalam pengiriman barang walaupun sudah dipacking dengan baik, tentunya sebagai pelayan yang baik bagi konsumen sebaiknya penyedia layanan tetap memberi repon terbaiknya.

Karena potensi kerusakan akan tetap ada walaupun sudah diusahakan semaksimal mungkin. Karena tidak ada kesempurnaan dalam hal apapun. Kita semua hanya bisa mengusahakan kebaikan dengan packing semaksimal mungkin.

Semoga apapun yang dipesan oleh para konsumen akan sampai kepadanya dengan kondisi yang baik. Dan jika anda menyukai artikel kami silahkan baca juga membeli forniture di Jogja? kunjungi toko ini.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior