Kitchen Set Aluminium: Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?

Menciptakan dapur dengan suasan berbeda tentu menjadi keinginan bagi setiap orang. Dapur merupakan salah satu bagian pokok dari rumah. Adanya dapur memungkinkan anggota rumah untuk memasak atau mengolah makanan menjadi makanan yang layak. Kehadiran dapur semakin kesini maka semakin terlihat trendi. Dikenal juga sebuah kitchen set yang mana adalah kabinet yang multifungsi dan digunakan untuk menyimpan perkakas dapur.

Penggunaan kata kitchen set untuk menggambarkan dapur yang modern. Furniture dapur biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, seperti kayu, besi, dan alumunium . Bagi pengguna aluminium khususnya, ada kekurangan dan kelebihan yang akan didapatkan. Apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya untuk anda.

View 1 Kitchen Set Sebuah Apartemen, Sumber: Instagram/@scandinaland

Mengenal Kitchen Set Aluminium

Kitchen set dapat disebut dengan lemari dapur. Adanya lemari ini memungkinkan untuk memperindah tampilan dari dapur. Dengan dapur yang enak untuk dipandang, maka kegiatan memasak pun akan lebih menyenangkan. Sehingga diharapkan akan menjadikan makanan lebih berselera.

Beberapa lemari dapur dibuat dari kayu karena mudah untuk dibentuk. Namun karena kayu tersebut memiliki harga yang mahal, maka dipilihlah lemari dapur dengan bahan alumunium. Penggunaan alumunium ini nantinya akan membuat dapur menjadi megah dan modern.

Karena terbuat dari alumunium, kitchen set ini tentunya memiliki berat yang lebih ringan daripada kitchen set yang terbuat dari kayu. Dengan demikian anda tak perlu khawatir dengan bobot lemari. Selain lebih ringan, biasanya akan lebih murah juga. Namun hal ini mungkin akan berbeda pada setiap daerahnya.

Kitchen set aluminium sangat cocok bagi anda yang menyukai model minimalis. Biasanya jasa kontraktor Jogja sudah menyesuaikan ukuran dapur dengan space yang tersedia dalam rumah. Model yang diberikan biasanya berupa kotak atau persegi panjang sehingga akan lebih mirip dengan bentuk mini etalase. Lemari ini akan sangat cocok apabila dipadukan dengan berbagai macam jenis kaca, baik kaca bening hingga kaca yang gelap. 

Kelebihan Kitchen Set Aluminium

Selain digunakan sebagai bahan body mobil, pemilihan kitchen set dari aluminium tentunya bukan tanpa alasan. Banyak kelebihan yang didapatkan dari menggunakan kitchen set jenis ini. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari kitchen set aluminium.

View 2 Kitchen Set Sebuah Apartemen Dengan Penambahan Meja Bar System Tarik. Sumber: Instagram/@scandinaland

1. Tahan Air

Air merupakan hal yang biasa terdapat di dapur. Adanya air ini akan mengganggu keawetan dari lemari dapur dari kayu. Hal ini karena lemari kayu akan mudah untuk lapuk apabila kemasukan air sehingga tidak akan dapat menanggung beban yang lebih berat lagi. Dengan terjadinya kondisi ini maka memungkinkan lemari tersebut akan cepat rusak.

Dengan menggunakan lemari dapur dari aluminium, maka akan tahan dari air. Bahan aluminium akan sangat tahan terhadap air dan tidak bisa kemasukan air. Sehingga dengan demikian lemari tersebut akan tetap awet. Namun sebagai catatan, air yang menempel harus tetap dibersihkan untuk mengurangi resiko terkena korosi.

2. Tidak Berbau

Aluminium adalah bahan yang tidak memiliki pori. Dengan sifatnya tersebut, maka akan sulit untuk dimasuki bakteri atau mikroorganisme yang akan menyebabkan jamur. Demikian juga aluminium tidak akan mengeluarkan bau apek karena tempat lembab. Berbeda dengan bahan kayu yang memiliki pori. Struktur bahannya sangat memungkinkan untuk ditumbuhi jamur saat suhu lembab dan dapat mengeluarkan bau apek. Dapur yang mengeluarkan bau tak sedap akan mempengaruhi selera untuk memasak sehingga tidak akan nyaman dalam melakukan kegiatan memasak.

3. Tahan Api

Selain kondisi yang lembab, api merupakan hal yang pasti kita temui saat ada di dapur. Kebanyakan orang masih menggunakan kompor api dari pada kompor listrik. Hal ini akan memungkinkan terjadinya api yang menjalar ke seluruh ruangan.

Baca Juga: Tips Memilih Warna Kitchen Set Dengan Tepat

Dengan menggunakan kitchen set berbahan aluminium, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Bahan besi aluminium akan sulit untuk merambatkan api. Hal tersebut karena bahan ini tahan terhadap suhu tinggi sehingga tidak mudah terbakar. Jadi akan lebih aman jika menggunakannya.

4. Penyesuaian Warna

Bagi anda yang menghendaki dapur yang memiliki banyak warna, maka kitchen set dengan bahan aluminium sangat mudah untuk di cat dan disesuaikan warnanya. Dengan memiliki warna yang sesuai dengan keinginan anda, maka akan lebih meningkatkan mood saat memasak.

5. Tahan Rayap

Banyak orang yang khawatir akan keawetan lemari dapurnya. Apabila lemari dapur tidak awet maka akan membuat biaya membengkak untuk membeli kitchen set tersebut lagi. Salah satu hal penting yang menjadikan lemari dapur awet adalah kekuatan struktur tersebut dalam menahan serangan rayap. Karena bahan aluminium tidak disukai oleh rayap, maka bahan ini tentunya akan tahan lapuk dan akan tahan lama.

6. Mudah Dibersihkan

Kebersihan dapur adalah hal pokok agar makanan tetap higienis. Dengan memastikan kebersihan kitchen set maka akan memastikan kebersihan dari perlengkapan masak yang akan digunakan. Bahan aluminium sangat mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu menyeka kotoran dan debu dengan kain lembab. Anda juga dapat menggunakan sabun tertentu bila dirasa perlu.

Kekurangan Kitchen Set Aluminium

Dari beberapa kelebihan yang dimiliki, lemari aluminium juga memiliki kekurangan, antara lain :

View 3 Kitchen Set Sebuah Apartemen Dengan Glasstone Warna Light Grey, Sumber: Instagram/@scandinaland

1. Desain Terbatas

Aluminium adalah bahan yang sulit untuk dibentuk. Hal ini menyebabkan desain yang tersedia lebih terbatas. Biasanya untuk kitchen set berbahan aluminium ini menggunakan desain persegi panjang mirip seperti etalase.

2. Menghasilkan Suara Merisik

Selain memiliki desain yang terbatas, lemari dapur aluminium juga sering mengeluarkan bunyi atau suara yang berisik. Suara ini biasanya disebabkan oleh benturan logam dan gesekan engselnya. Namun tenang, masalah ini dapat diatasi dengan mengganti engsel dengan bahan yang memiliki kualitas yang lebih baik.

3. Logam Lunak

Bahan aluminium merupakan jenis logam yang lunak. Karena kelunakan logam tersebut maka akan sangat mungkin untuk mengalami indentasi. Untuk mengatasinya, anda dapat memilih logam aluminium yang lebih tebal.

Itulah uraian singkat mengenai kitchen set berbahan aluminium. Semoga dengan ulasan tersebut dapat membantu anda dalam menentukan kitchen set yang anda inginkan.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior