Memilih Model Desain Interior Kantor yang Bikin Betah Karyawan

Desain interior kantor menjadi pertimbangan hampir bagi semua Owner (Pemilik) perusahaan, baik perusahaan skala Home Industri maupun Perseroan Terbatas kelas Internasional. Desain interior kantor memberikan banyak manfaat, dua diantaranya agar kantornya kelihatan menarik dan tidak kalah pentingnya biar karyawan yang bekerja tidak bosan atau betah. Tidak jarang desain interior kantor sering disepelekan oleh Owner, padahal desain interior kantor sangat memberi pengaruh penting bagi kenyamanan karyawan saat bekerja.

Apa saja model desain interior kantor yang bisa bikin betah karyawan saat bekerja, berikut informasinya untuk Anda:

1. Model Interior Kantor Ala Café

Apabila Anda bermain ke Jogja dan mampir di Cafe Kopiyor Sleman sembari melihat interior cafe yang sederhana namun menarik, mungkin sudah hal yang wajar. Namum bagaimana jika interior kantor kerja Anda dibuat Ala Cafe. Dimana model interior yang memasukan nuansa Café dalam lingkungan kantor. Desain interior seperti ini diusung untuk dapat meningkatkan produktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Mengapa demikian, karena dengan ciri khas dari nuansa Café seperti meja panjang, kursi tinggi, mini bar, dan lain-lain. Dimana ada tempat untuk bisa bercengkrama atau ada interaksi dengan karyawan lain, makan atau ngemil, dan melakukan kegiatan lainnya yang akan membuat good mood pada karyawan.

Desain Interior Kantor Ala Cafe, Sumber @cocowork
Desain Interior Kantor Ala Cafe, Sumber @cocowork

Ketimbang hanya duduk dan menatap layar Laptop atau Komputer yang akan membuat jenuh karyawan semakin tinggi yang akan berdampak pada produktivitas kerjanya. Apabila ingin menerapkan model Desain Interior Kantor Ala Café sebaiknya dipastikan terlebih dahulu memiliki kapasitas ruangan atau lahan yang cukup. Karena jika tidak memiliki kapasitas yang cukup akan menimbulkan suatu masalah baru yaitu ruang menjadi sempit dan mobilitas yang dilakukan akan terhambat oleh adanya interior ini.

2. Model Interior Kantor Ala Modern

Merupakan model interior yang merubah desain ruangan yang monoton atau formal menjadi lebih kreatif dan memiliki nilai estetika tinggi pada interiornya. Desain Interior Kantor Ala Modern menata semua furniture dan juga ruangan kantor menjadi lebih terkonsep, karena desain interiornya memanfaatkan ruangan yang ada di kantor dengan lebih efisien, sentuhan warna yang cerah, dan furniture yang ada pada ruang kantor yang menambah kemodernan dalam interiornya. Karyawan yang bekerja pada ruangan kerja dengan interior seperti ini bukan hanya menambah produktivitas dan kenyamanan, tapi juga membuat karyawan menjadi lebih relax dan akan betah.

Desain Interior Kantor Ala Modern, Sumber @okaandriansyah
Desain Interior Kantor Ala Modern, Sumber @okaandriansyah

Karena suasana interior dalam ruangan kerja yang diberikan membuat energi positif pada karyawan lebih tinggi ketimbang energi negatif yang membuat psikologis dari karyawan dalam kondisi baik dan akan mempengaruhi tingkat produktivitas karyawan. Sehingga pekerjaan yang diberikan dapat selesai tepat pada waktunya. Design interior seperti ini, didalamnya juga terdapat interior ala café merupakan bagian dari interior ala modern yang dipadukan sehingga konsep dari interior modern menjadi lebih kompleks dalam desain interiornya.

3. Model Interior Kantor Ala Tradisional

Merupakan model interior kebalikan dari model kantor interior modern, tapi memiliki konsep yang sama yaitu merubah desain ruangan yang monoton dan formal menjadi interior yang memiliki nilai estetika dalam ruangan kantor. Perbedaan desain interior yang diaplikasikan dalam ruang kantor lebih tradisional dan memiliki suasana vintage. Dimana ciri khas dari budaya daerah di Indonesia yang berbeda-beda, dari perbedaan itu memiliki sejarah budaya yang mengakar pada setiap insan manusia itu sendiri yang melekat pada desain interior ini.

Desain Interior Kantor Ala Tradisional, Sumber @interiorbalimax02
Desain Interior Kantor Ala Tradisional, Sumber @interiorbalimax02

Dengan Desain Interior Kantor Ala Tradisional akan membuat karyawan akan terbawa pada suasana daerah mereka masing-masing. Karena budaya yang ada pada diri setiap karyawan adalah hasil dari karya leluhur mereka demi kebaikan pada keturunan dan daerahnya. Walaupun tradisional tidak membuat tingkat produktivitas pada setiap karyawan akan berkurang, melainkan akan tetap stabil.

4. Model Interior Kantor Ala Go Green

Merupakan desain yang memiliki konsep penghijauan dan juga pemanfaatan energi alami yang terdapat pada lingkungan sekitar kantor, seperti energi matahari yang dapat dimanfaatkan sinarnya. Penghijauan dalam konsep interior Go Green bukan berarti ruangan dalam kantor diubah menjadi kebun atau dipenuhi tanaman atau bunga layaknya taman, tetapi menghadirkan penghijauan tanaman dengan lebih efisien pada setiap sudut. Bagian ruangan yang tepat dan tanaman yang digunakan adalah taman hidup bukan imitasi atau artifisial.

Desain Interior Kantor Ala Go Green, Sumber @bekraf.go_.id
Desain Interior Kantor Ala Go Green, Sumber @bekraf.go_.id

Agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik dan perubahan energi dapat terjadi yaitu dari karbondioksida (Co2) yang dikeluarkan oleh tubuh dan diubah kembali menjadi Oksigen (O2). Tentunya didukung dengan furniture yang tidak terlalu banyak karena akan memberikan kesan bertumpuk dan sesak pada ruangan kantor. Dengan Desain Interior Kantor Go Green udara yang ada dalam ruangan akan terasa segar dan menyegarkan pandangan mata karyawan akan terjaga, karena siklus udara yang ada dalam ruangan berjalan dengan baik.

Baca Juga Renovasi Rumah Sederhana

Interior Go Green juga dapat diterapkan atau memberi sentuhan Go Green pada Model Interior Ala Café, Modern, dan Tradisional sehingga tingkat kenyamanan, mood, dan  kualitas produktivitas karyawan dapat terjaga dan terus meningkat. Interior Ala Go Green juga merupakan sebuah konsep yang mengusung ECO (ecological) yang memiliki arti ramah lingkungan dan kelestarian ekosistem antara manusia dan lingkungan sekitarnya.

Kesimpulannya, dalam menerapkan desain interior kantor yang bertujuan membuat karyawan yang bekerja menjadi lebih betah dan nyaman. Harus memperhatikan beberapa hal dalam menerapkan model Desain Interior seperti Ala Café, Modern, Tradisional, dan Go Green dengan tepat dan sesuai kondisi ruang kerja pada kantor. Hal yang perlu diperhatikan adalah luas area ruangan, bentuk ruangan, dan area mobilitas dalam ruangan. Dengan memperhatikan hal ini dapat ditentukan Model Design Interior Kantor yang cocok dengan  ruang kerja karyawan. Sekian artikel dari Jogja Desain Interior. Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi kalian yang membacanya.

Leave a Comment