Mengenal Berbagai Bahan Wallpaper Dinding yang Cocok untuk Interior Rumah

Seiring perkembangan zaman, wallpaper pelapis dinding atau juga disebut dengan wallcovering hadir dengan tampilan yang lebih menarik dan dengan jenis bahan yang lebih modern. Jenis wallpaper atau wallcovering itu pun beragam motif, corak, dan warnanya di pasaran, sehingga dengan mudah dapat disesuaikan dengan konsep interior di rumah Anda.

Kepopuleran wallpaper dinding seperti sekarang ini disebabkan oleh penggunaannya yang mudah dan praktis. Wallpaper kini lebih banyak dipilih untuk menjadi pelapis dinding rumah dibandingkan dengan cat. Daya tahannya yang lebih lama dan perawatannya yang tidak terlalu sulit juga menjadi keunggulan utama dari wallpaper dinding.

Terkadang hingga saat ini untuk mempercantik interior kamar tidur harus memiliki kesinambungan dengan wallpaper dinding yang dipakai, alasannya agar tampilan di ruangan tidur tersebut menjadi lebih mewah atau bahkan unik.

Pilih Wallpaper Sesuai Dengan Konsep Ruangan, Sumber: Instagram/@jogjadesaininterior

Nah, Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis jenis wallpaper dinding, dapat dilihat pada penjelasan kami berikut ini:

1. Wallpaper Vinyl

Merupakan jenis wallpaper yang menggunakan bahan PVC atau polivinil klorida. Bahan ini memiliki daya tahan yang lama dibanding bahan lainnya. sehingga jenis ini biasanya digunakan pada ruang kamar mandi atau tempat lembab lainnya. Hal ini dikarenakan bahan vinyl mudah sekali dibersihkan, tidak cepat rusak dan tidak meresap air sehingga tidak berjamur.

Keunggulan bahan ini antara lain tidak mudah sobek, tidak mudah kotor, tahan terhadap debu, noda minyak, dan cipratan air. Selain itu bahan ini juga memiliki ketahan pada kelembaban dinding. Sedangkan kekurangannya adalah bahan vinyl memerlukan teknik pemasangan khusus agar bisa melekat sempurna pada tembok atau lantai dan tidak memunculkan gelombang. 

2. Wallpaper Serat Kain

Merupakan jenis wallpaper yang menggunakan kain katun sebagai bahan utamanya dimana Bahan ini juga biasanya dipakai pada pembuatan konveksi jersey olahraga. Biasanya serat kain memiliki tekstur yang lembut dan sangat nyaman ketika dipegang sehingga cocok digunakan pada area kamar. Selain itu corak yang disediakan untuk bahan kain sangat bervariatif.

Kelebihan bahan ini adalah mudah dibersihkan dari debu, memiliki ketahanan di atas rata rata, serta memunculkan suasana hangat untuk ruangan. Sedangkan kekurangannya untuk pencucian dan pemasangan wallpaper dibutuhkan tenaga profesional untuk melakukannya. Bagi anda yang akan menggunakan wallpaper ini, cocok dipadukan dengan warna lantai rumah minimalis

3. Wallpaper Kertas

Merupakan wallpaper dari kertas lalu kemudian dicetak menggunakan motif dan warna yang sedang trend dipasaran. Bahan ini dulunya adalah bahan utama sebagai wallpaper dinding sebelum bahan bahan lain ada. Untuk penggunaannya biasa digunakan pada dinding kamar tidur, ruang tamu, dan bahkan ruangan lainnya yang ada di dalam rumah.

Bedroom Dilengkapi Wallpaper Kertas dan Curtain Bernuansa Biru, Sumber: Instagram/@jogjadesaininterior

Wallpaper kertas sendiri sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan, Kelebihan dari wallpaper jenis ini adalah kualitas corak dan detail gambar yang sangat beraneka ragam, serta harganya yang murah karena menggunakan bahan yang sederhana. Sedangkan kekurangannya adalah mudah sobek, tidak tahan lama, mudah pudar, dan sulit dalam pemasangannya.

4. Wallpaper Heavy

Merupakan jenis wallpaper yang sama sama dibuat dari kertas, akan tetapi memiliki lapisan yang lebih tebal dan dengan motif emboss serta lapisan linen yang unik. Untuk proses pembuatan jenis wallpaper ini dilakukan dengan pencampuran bubuk kayu serta katun sehingga dapat dibersihkan dengan lap basah. 

Kelebihan menggunakan wallpaper ini adalah saat setelah dilakukan pemasangan, dapat langsung dilapisi dengan cat sesuai dengan warna yang anda inginkan serta memiliki motif yang cukup beragam. Sedangkan kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal serta pemasangan harus dilakukan oleh orang yang profesional.

5. Wallpaper Foil

Merupakan jenis wallpaper yang terbuat dari kertas timah yang terpasang pada permukaan wallpaper. Wallpaper foil juga memiliki tampilan yang mengkilap serta dapat memantulkan warna dengan indah. walau terkadang mudah sobek karena bahannya yang tipis. Jika anda menginginkan tampilan ruangan yang elegan dan mewah, wallpaper dengan bahan foils ini dapat dipilih. 

Bedbox Dilengkapi Wallpaper Foil, Sumber: Instagram/@jogjadesaininterior

Kelebihan dari jenis wallpaper ini adalah memiliki pola yang unik, memiliki ketahanan terhadap suhu, air, dan kotoran sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Sedangkan kekurangannya adalah bahannya yang tipis membuatnya mudah sobek, dan pemasangannya harus pada dinding yang rata agar tidak terdapat gelembung. 

6. Wallpaper Fiberglass

Merupakan jenis wallpaper yang terbuat dari serat kaca, dan tentunya memiliki ketahanan terhadap api dan kelembaban. Selain itu wallpaper fiberglass lebih tahan lama dari bahan lainnya, tidak mudah rusak, dan saat terkena noda atau minyak dapat dengan mudah dibersihkan. 

Kelebihan bahan ini adalah tahan terhadap pengeroposan dan jamur sehingga meski dipasang di dinding yang cukup lembab tetap akan awet dan dapat bertahan selama bertahun tahun. Sedangkan kekurangannya adalah memiliki motif yang sederhana serta harganya yang mahal karena terbuat dari fiber glass yang awet.

7. Wallpaper Flock

Merupakan jenis wallpaper yang terbuat dari serat wol yang dipadukan dengan bahan lain seperti kertas ataupun kain. Kesan elegan dan warna-warna yang berubah membuat wallpaper ini sangat cocok untuk kamu pecinta nuansa klasik, retro, maupun kontemporer serta Tampilannya mirip dengan beledu dan dapat memantulkan warna menawan pada dinding.

Dengan selesainya pembahasan diatas, kita tahu bahwa wallpaper pada dinding memiliki banyak jenis dan ragamnya. Dengan demikian anda yang akan melakukan renovasi dan dekorasi dinding rumah dapat mempertimbangan banyak pilihan.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior