Desain Interior Kamar Tidur Anti Berantakan

Anda sudah mulai bosan dengan suasana desain interior kamar tidur yang kurang nyaman untuk ditempati? Itu menandakan bahwa Anda harus segera menata ulang kamar tidur. Sering berada di rumah secara tidak langsung juga membuat Anda menghabiskan waktu di kamar tidur. Sayangnya, kamar tidur yang terasa sumpek dan membosankan membuat kualitas momen me-time jadi kurang bermakna.

Jika memang sudah begitu tidak salah jika Anda ingin dan membutuhkan untuk dekorasi ulang dekorasi kamar tidur. Dekorasi interior kamar tidur selain harus indah dipandang mata juga bisa menjadikan kamar yang nyaman dan memberikan efek menenangkan bagi penghuninya. Sehingga esensi dari keberadaan kamar tidur menjadi lebih terasa.

Cara menata kamar tidur sebenarnya tidak ribet dan tidak terlalu susah untuk dilakukan bahkan oleh pemula. Lebih sulit ketika Anda menata kembali kamar tidur yang berantakan. Hal inilah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda. Menata kamar yang berantakan membuat kepala Anda pusing.

Cara Anda menata kembali kamar tidur yang berantakan wajib juga untuk diperhatikan supaya kamar tidak lekas berantakan lagi. Jika melihat desain ruangan, tata letak yang membentuk kamar tidur juga sedikit banyak memberikan pengaruh pada interior kamar. Beberapa kamar tidur bisa kelihatan selalu rapi bukan semata karena rutin dibersihkan setiap jam tetapi karena tata letak dan desainnya.

Cara Anda menata  kembali kamar tidur yang berantakan wajib juga untuk diperhatikan supaya kamar tidak lekas berantakan lagi.
Ilustrasi kamar tidur berantakan, sumber: suara.com

Tips Desain Interior Kamar Tidur

Semakin pandai dan bagus Anda mengalokasikan kamar tidur sesuai dengan fungsinya, maka semakin mudah pula menatanya tanpa khawatir kamar tidur Anda cepat berantakan. Berikut ini Kami coba merangkum beberapa poin yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan desain interior kamar tidur yang Anda inginkan dan butuhkan.

Membuat Rencana

Hal pertama uang harus dilakukan untuk menata kamar tidur adalah dengan membuat rencana. Anda perlu menentukan tampilan kamar tidur sesuai dengan yang Anda butuhkan dan inginkan untuk menghasilkan perasaan nyaman dan aman.

Kamar tidur adalah tempat kita kembali setelah berlelah-lelahan sepanjang hari, menjadi tempat untuk mengisi kembali energi untuk beraktifitas lagi keesokan harinya. Sehingga penting kiranya untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin sesuai apa yang didambakan oleh penghuninya.

Membuat Partisi Kamar

Bagilah sudut pada kamar Anda sesuai dengan fungsinya. Pisahkan dengan jelas bagian untuk meletakkan meja belajar, meja hias, lemari buku atau tempat untuk menyimpan barang milik Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan secara khsusus bagian yang diperuntukkan buat menyimpan tempat tidur.

Jika sudah ditata dengan kerangka seperti ini, Anda bisa menggunakan bagian-bagian rumah dengan nyaman. Anda bisa belajar di meja belajar, menyimpan buku di lemari buku begitu pula untuk barang-barang pribadi milik Anda. Hal ini juga bisa meminimalisir penggunaan bagian kamar tidak sesuai kodratnya, misalnya belajar di kasur, hehe.

Jika sudah ditata dengan kerangka seperti ini, Anda bisa menggunakan bagian-bagian rumah dengan nyaman. Anda bisa belajar di meja belajar, menyimpan buku di lemari buku begitu pula untuk barang-barang pribadi milik Anda.
Ilustrasi partisi kamar, sumber: rumahpedia.info

Untuk lebih memudahkan aktifitas harian Anda, ada baiknya jika rak buku didekatkan dengan tempat tidur, dengan begitu kita tidak akan malas meletakkan kembali buku pada tempatnya setelah dibaca. Cobalah untuk lebih peka dengan kebutuhan Anda sendiri.

Jangan Biarkan Bagian Kosong

Gunakan seluruh space atau ruang yang ada pada kamar tidur. Bila ada satu saja bagian dari ruang yang tidak digunakan atau difungsikan dengan jelas. Kemungkinan besar menggunakannya sebagai sarana kemalasan, seperti bagian sudut kamar tidur yang sering terkumpul tumpukan baju kotor atau barang pribadi lainnya.

Baca juga: Konsep interior rumah menggunakan tanaman yang menarik

Jika masih ada bagian yang belum difungsikan secara maksimal, bisa Anda alih fungsikan sebagai tempat untuk meletakkan meja rias atau meja belajar yang bisa dipindahkan oleh Anda ketika bosan dengan tata letaknya. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Karena yang lebih mengetahui kebutuhan Anda adalah Anda sendiri.

Sediakan Tempat Sampah

Ketika sedang bersantai di dalam kamar, terkadang rasa malas kerap kali menghampiri kemudian mendorong Anda untuk beranjak keluar kamar atau keluar rumah. Tidak terkecuali dalam urusan buang membuang sampah ya guys! Akhirnya sampah pun menggunung tidak karuan di atas meja atau di bawah kolong tempat tidur.

Siapkanlah satu tempat sampah kering untuk ditempatkan di sudut kamar Anda. Tentukan tempat yang pas dan carilah wadah sampah kreatif yang tampak cantik sekaligus menghias kamar, namun jangan membuat Anda terlena dengan itu, tetap perhatikan aspek fungsional dari tempat sampah. Jika memungkinkan, sembunyikan dekat salah satu lemari belajar agar tidak terlalu mencolok.

Tentukan tempat yang pas dan carilah wadah sampah kreatif yang tampak cantik sekaligus menghias kamar, namun jangan membuat Anda terlena dengan itu, tetap perhatikan aspek fungsional dari tempat sampah.
Ilustrasi tempat sampah, sumber: bp-guide.id

Sediakan Kotak Penyimpanan Barang

Barang-barang pribadi yang jarang terpakai keberadaannya penting untuk diperhatikan, sebab jika tidak barang itu akan bisa menghilang dan ketika dibutuhkan Anda kesulitan untuk menemukannya. Apakah Anda sering merasakan hal ini?

Misalnya saja gunting kuku, gunting biasa, pulpen dan barang kecil lainnya. Untuk itu manfaatkan beberapa boks sederhana sebagai rumah bagi mereka. Anda juga bisa menambahkan tulisan pada boks untuk kategori penyimpanan barang-barang tertentu. Selain kelihatan rapi, cara ini juga membantu Anda agar tidak kehilangan barang atau aksesoris lagi.

 Rutin Merapikan Kamar

Dengan sering dirapikan maka tampilan interior kamar tidur akan tetap pada kondisi idealnya. Rapikan juga barang-barang yang berserakan atau gulung kabel yang mulai terseok dan kusut tidak karuan. Upayakan merapikan kamar rutin setiap sepuluh menit setelah digunakan.

Menunda diri untuk membersihkan kamar tidur adalah musuh utama bagi Anda. Merasa tanggung jika harus dirapikan padahal masih digunakan atau lagi mager. Hal itu akan membuat tampilan kamar semakin berserakan dan berantakan. Akibatnya, Anda jadi semakin merasa malas untuk membersihkannya.

Ciptakan suasana santai, bersihkan kamar sambil mendengarkan lagu atau sambil streaming film kesukaan Anda. Ayo mulai berkolaborasi dengan tata letak, fungsi dan bentuk ruang demi meminilamisir kamar cepat berantakan.

Perhatikan Kombinasi Warna

Ahli desain interior Rodehuth Harrison mengatakan bahwa, menjaga nuansa monokrom pada kamar adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana kamar tidur yang terasa nyaman untuk ditempati.

Kurangnya warna yang kontras, seperti warna-warna cerah berabti kurangnya ketengangan. Jadi, secara alami akan membawa tidak suasan tidak terlalu sibuk pada desain interior kamar tidur.
Ilustrasi kombinasi warna kamar, sumber: asianpaints.co.id

Kurangnya warna yang kontras, seperti warna-warna cerah berarti kurangnya ketenangan. Jadi, secara alami akan membawa tidak suasan tidak terlalu sibuk pada desain interior kamar tidur. Warna-warna lembur kerap menjadi pilihan yang cocok untuk kamar karena bisa memberikan efek menenangkan.

Simpan Lampu di Kamar

Setiap ruangan, termasuk kamar tidur pada umumnya memiliki satu lampu utama yang menempel pada langit-langit ruangan kamar atau pada bagian dindingnya. Namun untuk menciptakan rasa nyaman, Anda tidak bisa hanya menganalkan lampu utama sebagai satu-satunya sumber pencahayaan. Anda bisa berekplorasi dengan menambahkan beberapa tambahan lampu kecil atau lampu hias pada sudut tertentu.

Baca juga: Tips memilih furniture kayu untuk di pasang di rumah

Jika memungkinakan untuk dilakukan gunakan sakelar untuk mengatur intensitas cahaya lampu utama. Redupkan lampu untuk memberikan nuansa hangat dan menenangkan. Anda juga perlu menempatkan lampu tidur atau lampu baca sebagai tambahan aksesoris pada kamar tidur. Supaya terkesan lebih hidup.

Namun alih-alih menyimpan lampu pada meja disamping tempat tidur, menggunakan sconce sebagai lampu baca. Jenis lampu yang satu ini merupakan yang fleksibel cara penggunaan dan pemasangannya. Bisa dipasang di dinding juga mudah untuk dipindah-pindah ketika ingin mencari spot yang tepat ketika sedang membaca buku.

Gunakan Banyak Bantal

Tumpukan bantal menjadi pilihan tepat sebagai penyangga punggung saat Anda melakukan aktifitas di atas tempat tidur. Selain itu, tumpukan bantal juga menambah kesan hangat di atas kasur ketika Anda tidur sendirian di tengah musin dingin.

Tumpukan bantal menjadi pilihan tepat sebagai penyangga punggung saat Anda melakukan aktifitas di atas tempat tidur.
Ilustrasi tumpukan bantal, sumber: liputan6.com

Atur Area Khusus Bekerja

Konsep bekerja di rumah akan berlangsung lancar jika didukung pula oleh suasana kamar yang representatif. Jika kamar tidur Anda sulit untuk menciptakan fokus ketika bekerja, pasang pembatas ruangan antara area kerja dan area lainnya. Untuk itu Anda bisa membeli mebel sebagai pembatasnya atau gunakan tripleks.

Anda bisa menggunakan pembatas ruangan akordeon yang bisa dilipat ketika tidak digunakan atau Anda juga bisa memasang tirai pemisah yang dibuka saat tidak diperlukan lagi keberadaannya. Hal ini sangat cocok sekali untuk Anda yang bekerja di rumah.

Desain interior kamar tidur memang sangat menentukan seperti apa karakteristik pribadi seseorang. Karena itu setiap orang pasti berbeda konsepnya mengenai nuansa nyaman dan tenang yang hasilkan oleh tampilan interor kamar. Semoga artikel ini bermanfaat. See you!

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior