Tips Merawat Sofa Kulit Dengan Benar

Perlu anda ketahui bahwa cara merawat sofa kulit memiliki perawatan yang sedikit berbeda dengan jenis sofa berbahan lainnya. Sofa jenis ini membutuhkan perawatan khusus agar kebersihan dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Jika tidak dilakukan dengan benar, furnitur dengan material kulit seperti ini akan lebih cepat rusak dan terlihat usang.

Tak bisa dipungkiri, sofa berbahan kulit memang mampu memberikan sentuhan elegan pada dekorasi rumah anda. Namun,sofa yang tergolong mewah ini membutuhkan sejumlah perawatan yang tak bisa dilakukan sembarangan. Cara membersihkan sofa berbahan kulit yang tidak tepat, justru bisa merusaknya dalam waktu singkat.

Untuk anda yang sedang ingin membuat seminar online bisa kunjungi paket seminar kit. Apa saja yang diperlukan untuk merawat sofa kulit anda? Mari simak bersama

Cara Merawat Sofa Kulit

Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar sofa kulit milik anda dapattetap tahan lama.

1. Merawat Sofa Kulit Secara Rutin dan Berkala

Langkah awal cara merawat sofa kulit adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan berkala. Anda dapat membersihkan sofa kulit anda secara rutin dan berkala menggunakan alat alat khusus untuk benda benda berbahan kulit. Karena bahan kulit memiliki tekstur yang berbeda dengan bahan bahan yang lain.

Baca Juga : Tips Menata Interior Pabrik Konveksi

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan berkala. Sofa anda akan menjaga warna asli dan tekstur kulit sofa anda seperti saat anda baru membelinya.

2. Segera Bersihkan Noda

Ketahuilah, kotoran pada sofa berbahan kulit harus cepat-cepat dilenyapkan. Sebab, semakin lama didiamkan, maka kotoran tersebut akan semakin menempel di sofa kulit dan semakin susah dibersihkan.

Kotoran atau noda pada sofa biasanya berasal dari debu, jamur, keringat, bahkan tumpahan air minum. Biasanya, bagian yang paling mudah kotor dan menghitam adalah lengan sofa. Tapi semua bagian juga harus segera dibersihkan apabila terkena noda

Namun, cara membersihkannya jangan digosok, ya! Cukup tempelkan atau tap-tap pada bagian yang terkena noda.

Merawat sofa kulit
Merawat sofa kulit Sumber Pinterest

3. Bersihkan Noda Menggunakan Kain Lembut dan Lembab

Jangan pernah menggunakan air atau lap basah saat membersihkan kulit sofa. Gunakan kain lembut dan lembap untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel. Anda bisa memberikan sedikit tekanan saat mengelap permukaan sofa, kemudian biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang masih membersihkan sofa berbahan kulit menggunakan lap basah. Padahal, cara ini justru membuat noda pada sofa semakin menyebar dan sulit dibersihkan.

Selain itu, jangan pernah mengeringkan sofa berbahan kulit menggunakan hair dryer atau dijemur langsung di bawah sinar matahari. Pasalnya, cara ini bisa menghilangkan kelembapan material kulit itu sendiri dan membuat permukaannya pecah-pecah. Cara paling mudah untuk menanggulangi noda-noda pada kulit sofa ini adalah dengan menggunakan kertas penghisap atau kain penyerap.

4. Sebisa Mungkin Hindari Deterjen

Menggunakan deterjen dalam merawat sofa berbahan kulit merupakan kesalahan besar. Pasalnya, deterjen mengandung bahan kimia seperti, silikon, minyak, dan lilin yang berbahaya bagi sofa kesayangan anda. Bukannya semakin bersih, tapi kualitas kulitnya justru akan semakin menurun.

Baca Juga : Tips Desain Kamar Mandi Pribadi Nyaman

5. Rawat dan Bersihkan Sofa Menggunakan Vacuum Cleaner

Jika kotorannya terlalu membandel sehingga sulit dibersihkan, anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan ujung sikat lembut. Hisap semua kotoran dan debu pada permukaan sofa hingga ke sela-sela serta bagian dalamnya. Lakukan cara ini dengan halus dan hati-hati agar tidak menggores permukaan kulit.

merawat sofa kulit
Gunakan vacuum cleaner Sumber:https://koranindonesia.id/

6. Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari atau Suhu Panas Tinggi

Perawatan sofa kulit berikutnya adalah dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari dan suhu panas yang terlalu tinggi. Sebab, sinar matahari dan suhu panas yang terlalu tinggi dapat membuat kulit sofa anda menjadi kusam dan teksturnya berubah.

Sebaiknya, letakkan sofa kesayanganmu minimal satu meter dari sumber panas untuk mengurangi risiko kerusakan. Misalnya cukup meletakkan sofa kulit pada ruang keluarga dibanding di ruang tamu yang kerap berjarak dekat dengan jendela.

7. Jauhkan Sofa Dari Benda Tajam

Anda pasti tahu kan, seperti halnya kulit manusia, kulit sofa juga bisa sobek ketika terkena goresan benda tajam. Nah, goresan-goresan yang terjadi pada sofa tentu tidak akan bisa lenyap begitu saja.

Oleh karena itu, jangan meletakkan sofa kulit di area dekat tempat benda tajam, seperti ruang makan dan juga dapur. Meski di ruang tamu, anda tetap harus menggunakan sarung tambahan di pinggiran sofa untuk menyimpan benda tajam yang mungkin sering anda gunakan seperti gunting kuku ataupun alat jahit

8. Gunakan Cairan Pelapis Kulit

Anda tidak boleh sembarangan menggunakan produk pembersih untuk furnitur berbahan kulit. Hal ini disebabkan, karena kulit asli memiliki tekstur berpori yang bersifat menyerap cairan. Selain itu, penggunaan cairan pembersih yang salah justru dapat memicu timbulnya spot gelap pada kulit.

Ada banyak sekali produk pembersih khusus material kulit yang tersedia di pasaran. Bentuknya pun beragam, mulai dari gel, cair, hingga lotion. Pilih saja yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian, aplikasikan cairan pembersih ini menggunakan spons atau kain lap lembut dengan gerakan memutar dan angkat segera kotoran tersebut.

merawat sofa kulit
Lapisi dengan lapisan khusus Sumber:https://www.dekoruma.com/

Demikianlah bebrapa tips yang dapat anda gunakan untuk merawat sofa kulit milik anda. Untuk anda yang ingin membuat taman di pekarangan rumah bisa menghubungi jasa taman. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat membaca dan terimakasih.

Leave a Comment

WhatsApp Chat Order Interior